Jumat, 16 April 2010

TOKO KAMERA YANG HARUS DIHINDARI

1 . penipuan harga

A. Pengalaman Temen

Penipuan Harga di Toko Kamera Focus Mall Mangga Dua

Hari Rabu siang, 27 Januari 2010, saya membeli camcorder/handycam Merk Spectra DX3 di Toko Kamera FOCUS Mall Mangga Dua Lantai Dasar N0. 30B, Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat, Telp. (021) 62202697. Saya belum tahu harga pasaran barang tersebut sebelumnya.

Singkat cerita, sebelum terjadi kesepakatan harga waktu saya katakan bayarnya tunai. Setelah saya beli, iseng2 tanya ke toko kamera lainnya masih di Mall Mangga Dua ternyata harga pasarannya paling tinggi Rp1,4 juta + bonus memori card 2gb. Padahal, saya disuruh bayar Rp2,8 juta saat transaksi hari Rabu 27 Januari 2010, setelah itu saya balik lagi ke toko FOKUS dan menanyakan harga sebenarnya soalnya ditoko lain lebih murah eh malah dijawab sama penjaganya (namanya BUDI) Toko lain menjual barang PALSU, tapi anehnya lebih dari 3 toko yang saya tanyakan ternyata harganya ga jauh beda paling mahal Rp. 1,4 jt dan setelah pulang saya cek lewat internet harganya sekitar Rp. 1,4 jt. Adakah diantara temen2 yang tahu berapa harga sebenarnya SPECTRA DX3?

Saya juga membeli memory card type SD merk VGEN 8 Gb dan Tasnya, jadi total semuanya saya belanja 3.050.000,-. Dari situ sudah terlihat terjadi penipuan kepada konsumen, dan saya khawatir akan banyak konsumen yang awam akan harga barang elektronik bisa kena tipu seperti saya. Padahal, di mata masyarakat belanja di Mall Mangga Dua dikenal dengan harga yang cukup lebih rendah dibanding pusat belanja lainnya.

Saya selaku konsumen sangat kecewa dengan ulah segelintir pedagang yang ingin meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara tidak baik seperti itu.

B.



Hari rabu tgl 28 oktober gw nyari camera SLR di mangga 2, berhubung gw sibuk nyari Memory Gskill & OCZ untuk pc gw jadi gw lupa check harga pasaran dan fitur2 setiap camera SLR..
tapi akhirnya gw coba mampir di salah satu toko camera yang cukup gede dengan nama ZOOM, tepatnya dekat lobi depan Mall Mangga 2. disana gw tanya camera Canon 500D ternyata harganya 8jt++ itupun tanpa bonus tripod, memory, dan blow katanya "itu bonusan dulu waktu promo" padahal setau gw itukan paketan camera (dasar penipu: dalam hati). Akhirnya gw pindah ke toko lain dan ketemulah itu toko camera Focus yang lokasinya dekat eskalator.

Ditoko Focus gw dapet harga yang lebih menarik yaitu dibawah 8jt itupun dapet memory, tripod, dan tas (biarpun gw tau itu tas busuk palsu, entah yang aslinya dia kemanain) dia bilang semua Camera SLR pasti dapet Memory, Tripod, Tas karena udah paketan. setelah ngobrol2 dengan costumer toko itu yang namanya Aphin dan gw ngaku kalau gw newbi dalam bidang camera SLR akhirnya dia kasih rekomendasi brand lain yaitu Sony Alpha 230, gw coba buat perbandingan dengan canon tapi ternyata emang gw cocoknya pakai Sony, gw putuskanlah beli Sony Alpha dengan harga dari dia 8jt++ kok lebih mahal dari Canon ya? yaudah ga terlalu pikir panjang karena bini gw udah jatuh cinta sama tuh Sony akhirnya gw beli deh tuh camera dengan beli tambahan UV dan Memory.

Sebenernya perasaan gw ga enak, gw yakin ada yang janggal waktu tuh si Aphin ngotot rekomendasikan Sony kelas rendah itu. sampe rumah gw langsung check harga pasaran dan ternyata apa yg gw dapet? harga pasaran Sony Alpha 230 cuma 5jt++ dan kalau untuk yang harga sampai diatas 7jt itu bonus lensa 55-200 jadi dapet 2 lensa karena lensanya emang cukup mahal.. Anjrit ternyata bener perasaan gw ada yang ge enak, gw ketipu hampir 3jt.. ga basa basi besoknya gw telpon si Toko Focus nyari Aphin gw marah2in tapi dia ngotot katanya emang segitu trus gw bilang ada perbandingan di toko online eh dia malah jelek2in toko online katanya garansi ga jelas.

Gw ga mau kalah pokoknya gw ngotot minta lensa sisanya dan diapun beralesan kontak ke atasan dulu abis itu mau nelpon gw yaudah gw turutin. kira-kira 1 jam kemudian dia nelpon bilang kalau dia ga tau ternyata emang ada paket itu (ah bullshit banget) dan dia mau kasih lensa tapi bukan 55-200 melainkan 70-300 berdalih lebih bagus dari yang 55-200 tapi gw harus nambah duit + balikin memory, tipod, dan tas paketan camera (hahahahhaha ini orang kemaren bilang kalau itu paketan semua SLR sekarang minta balikin) udahlah gw turutin aja tapi memory yang dibalikin gw bayarin 50%. setelah deal dia nyuruh gw dateng besok (jum'at) tapi pas hari jum'at gw di telp katanya belum ada stock, adanya sabtu atau minggu yaudah gw tetep ke mangga 2 untuk tuker Motherboard gw yang konslet setelah di overclock..

Sabtu, gw nemenin Nyokap, adek, dan bini gw ke ancol tepatnya ke 4 Dimensi ternyata pas mau pulang masih sore yaudah gw ajak ke mangga 2 aja sekalian ngambil lensa. pas sampe di toko gw nunggu beberapa menit untuk dilayani karena banyak calon pembeli (calon korban penipuan kalau menurut gw sih, soalnya gw nguping itu ada yang mau beli Sony Alpha 230 tapi ga dikasih paketannya, cuma camera doang hahahhaa)

akhirnya lensa yang ditunggu datang juga, tapi gw cukup terkejut ternyata bukan Sony tapi Tamron, itupun yang 70-300 (ah monyet bener2 cari gara2 nih toko) dengan berdalih itu lensa harganya "mahal sekali" padahal gw tau temron tipe itu murah paling 1,5jt tapi gw kan udah rugi 2,5jt. gw minta yang Sony tapi nggak dikasih katanya ini udah paketan dari Sony kerjasama dengan Tamron (jelas2 beda brand alias saingan) yaudahlah gw udah pusing abis dijemur di ancol dan gw udah ngerti moralnya tuh para karyawan toko semua sama aja. Akhirnya gw terima aja dari pada ribet lagi, masalahnya bini gw kan hamil jadi gw harus jaga perilaku. Coba kalau ngga hamil wah bisa gw pukulin di tempat tuh Aphin.


yasudah akhirnya gw pulang kerumah dengan tidak berharap banyak dan kecewa, intinya gw posting ini biar temen2 semua nggak mengalami apa yang gw alami, jadi sebelum membeli pastikan googling dulu jenis, fitur, dan harga pasaran. peringatan dari gw untuk newbie: "JAUHI 2 TOKO KAMERA DIATAS!" jadi pastikan jangan nurut apa kata tuh para tikus penipu.

adios.

kasus ke tiga

Penipuan Harga di Toko Focus Elektronik ITC Depok

Hari Minggu sore, 12 Oktober 2008, saya membeli camcorder/handycam di ITC Depok Focus Elektronik lantai 2 blok A dengan keluarga saya. Saya belum tahu harga pasaran barang tersebut sebelumnya.

Singkat cerita, sebelum terjadi kesepakatan harga waktu saya katakan bayarnya dengan credit card, kartu kredit sudah diminta saja. Setelah saya beli, keesokan harinya baru saya tahu harga pasarannya Rp1,4 juta dari toko elektronik lain dan Glodokshop.com. Padahal, saya disuruh bayar Rp2 juta saat transaksi hari Minggu 12 Oktober.

Saya juga membeli memory card type SD merk VGEN 1 GB dengan harga Rp225.000, padahal dengan Rp200.000 sudah dapat memory card type SD merk VGEN 8 GB atau lihat link ini Bhinneka.com. Dari situ sudah telihat terjadi penipuan kepada konsumen, dan saya khawatir akan banyak konsumen yang awam akan harga barang elektronik bisa kena tipu seperti saya. Padahal, di mata masyarakat belanja ITC dikenal dengan harga yang cukup lebih rendah dibanding pusat belanja lainya.

Saya selaku penduduk Depok sangat kecewa dengan ulah segelintir pedagang yang ingin meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara tidak baik seperti itu.

Terima kasih.



50 komentar:

  1. Ternyata masalah gw ga beda sama kejadian di toko kamera focus mangga dua.Kalo gw kejadiannya di bandung.Maksud gw pgn beli D7000,sama yg jaganya di rayu dengan sejuta alsan (kelebihan kamera sony alpha 55).Gw wkt itu beli sony alpha dgn harga 9,7jt (kamera+kit only).Gw brani beli tuh barang krn harga kamera yg lainnya+aksesorisnya ga jauh beda harga pasarannya.Tnp pikir panjang,gw berkeyakinan kalo harga sony ga bakal beda dengan harga di toko lainnya.Langsung aja ni gw sebut tokonya (toko kamera APLHA) di mall festival citylink,jl.Peta-Bandung.Setelah sampe rmh,gw penasaran sama harga ni kamera.Stlh gw liat,ternyata harganya selisih 2jt (gelo pisan tah!!!!)besoknya gw datengin lg tuh toko,gw minta kamera ini di balikin lg aja drpd beli kamera hrg lbh mahal 2jt d banding toko" lainnya.Yg jaga toko lgs telp bosnya.Setelah negoisasi,akhirnya dgn ketidak ikhlasan gw,duit cm bs d balikin 1,25 jt aja.Parah jg ni toko.Pesen gw,hati"lah sebelum membeli.Cek dl harga barang di pasaran,biar ngga kena rayuan setan yang terkutuk!!!Pantes aja ya toko" cina pada cepet tajirnya,ternyata ngga semua permainannya bersih,walopun ada beberapa jg yg friendly!!!Hati" sebelum membeli barang" di toko ALPHA,mall festival citylink bandung,supaya anda tidak tertipu dengan harga yg terpaut tinggi.Semoga info dr gw bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg baru mengalami gan ( 1 mei 2014 )...padahal rasanya saya sudah hati2 benar...dan jg sdh sering baca kejadian2 seperti ini di internet.....ceritanya,,begini......saya rencana mau beli lensa canon EF 24-105 MM F/4L USM...sudah keliling2..akhirnya...saya terperngkap oleh pedagang nakal....saya mengalami kerugian hampir 2 jt an...NAMA TOKO : MY CAMERA...MANGGA 2 MALL NO 17A LANTAI 2...awalnya ...omongan nya memang enak...lensa yg saya cari jg cocok harganya....TAAAAPIIII...si pedagang ngomong....sayang pak...kalua bapak beli lensa ini...sudah mahal dan juga tidak cocok sama lamera bapak..( kamera saya EOS 70D ) karna saya jg blm begitu profesonal...mkanya saya nanya ke penjualya...trus apa lensa yg cocok dgn kamera aya....bagus nya bapak beli CONVERTER saja wide dpt makcro jg bisa..harganya jg murah katanya....padahal saya blm mengerti apa tu converter..... akhirnya saya ngikutin sara si penjual dgn membeli 1, CONVERTER PROTAMA DSRL-06II MACRO - FILTER UV SOLO - & ANTI GORES KAMERA SEHARGA Rp 3 jt....sampai di rumah saya coba cek harga converter ...ASTAGAAAA,,,TERNYATA HARGANYA CUMAN Rp 750 ribu.....panas dingin badan saya jadinya,,,,,,besok nya balik ke mangga 2...tanya ke penjualnya.( 2 mei 2014 )..kok harganya mahal bos...katanya...memang segitu harganya pak ...itu jg kan sdh saya kurangin...SAYA CUMAN MEMBATU BAPAK..dari pada membeli lensa seri L mahal..sekarang baarang yg sudah di beli tdk bs di pulang kan pak......sambar gledek....enak aja ngomongnya membatu saya....ngibulin iya.....modar aku...............pedagang sialan....

      Hapus
  2. Sama banget!
    Gue barusan kejadiannya.
    Ga rugi banyak, tapi tetep nyesek!!!
    Gue ketipu di TOKO FOCUS ITC DEPOK!!
    Gue awalnya niat beli camdig nikon, cuma sejuta. Tapi si koko yg jualan ngotot nyaranin samsung atau sony. Akhirnya gue beli camdig merk Sony. Dia jualnya 1,4juta. Pas sampe rumah gue cek ternyata harga resmi dari Sony cuma 1,1juta. Sumpah gue pikir gue beli di pedagang Cina soalnya pasti terpercaya, ternyata malah ketipu. Antara pengen marah dan ngerasa goblok ga survey harga dulu. Biar Tuhan yang membalas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kna tipu bli kamera d'TOKO FOCUS ITC DEPOK
      niat'a pngn bli kamera canon eos 1100 mlah d'bujuk buat ambil yg sony ja,,kta'a lbih bgus
      akhir'a gw bli tu sony sharga 3,1 jta pas gw cek lg harga'a cma 1,4 jt rugi bnyk bngt gw smpe 1,7 jta
      gw sumpahin smoga kbakar tu tko

      Hapus
  3. Gue juga TERTIPU!

    Kejadiannya di Pekan Raya Jakarta / Jakarta Fair tgl 21 Juni 2012 kemaren. Di bonnya nama tokonya adalah WIJAYA DIGITAL MANGGA DUA MALL sedangkan di kartu namanya nama tokonya WINS MALL AMBASADOR.

    Gue tadinya ga terlalu ngeh dengan nama tokonya, karena gue cuma tertarik dengan lensa Canon dan di toko ini banyak banget barang-barang Canon. Pas gue nanya harga lensa Canon yang wide berapa, si engko yang jualnya langsung bermulut SUPER MANIS dengan bilang "ngapain mahal-mahal beli lensa Canon yg harganya 6 juta, mendingan pake conversion lens aja". Alhasil dia ngambilin conversion lens ProTama wide+macro 0.45x 58mm dan bilang klo harganya cuma 1,8 juta. Gue sih cukup terpukau karena harganya emang jauh lebih murah kan. Jadi gue langsung beli tanpa pikir panjang. Sekalian beli flash Yongnuo Speedlite YN-460 II dgn harga 900rb yg beda jauh juga dengan harga flash Canon yg katanya harganya 2 juta-an.

    Pas gue cek di website Yongnuonya (http://www.yongnuostore.com/product/yongnuo-yn-460ii-yn460-ii-flash-speedlight_canon/), harganya cuma US$49.07 (sekitar Rp.450rb), di websitenya sentrakamera.com harganya beda dikit Rp.420rb. Jadi gue harusnya bisa dapet 2 FLASH YONGNUO!

    Untuk conversion lens ProTama wide+macro 0.45x 58mm, gue ga nemu harganya di internet, bahkan di ebay pun ga ada. Sebagai perbandingan gue nemu conversion lens yang sama persis tapi merknya Digital King 0.5x 58mm di FocusNusantara.com (http://www.focusnusantara.com/product_store/digital_king_wide_angle_converter_0,5x_58.php) harganya cuma 1,1 jut! Klo di ebay ada Protama 0.6x wide 58mm (http://www.ebay.com/itm/ProTama-58mm-0-6x-Wide-Lens-for-Canon-EOS-1100D-550D-600D-60D-18-55mm-Lens-/130707077572?pt=Camera_Lenses&hash=item1e6ebfb9c4) harganya US$79.00 (sekitar RP.700rb-an). DAMN!

    Iseng-iseng gue coba telpon ke nomer telpon yang tertera di bon & kartu namanya. Untuk flash Yongnuonya, katanya ga ada stock jadi ga bisa kasih harga, sedangkan untuk conversion lens ProTama harganya 2,9JUTA!!! OMG!!! Pantesan aja tokonya gede gitu.. tapi sayang semuanya itu adalah hasil dari PENIPUAN!

    Gue juga orang Cina dan keluarga gue juga punya usaha dagang tapi tetep aja ga akan naikin harga seenak jidat kaya gitu! Sok-sok ngajarin cara make flash yang bener tapi ternyata PENIPU! Kalian ga ada bedanya dengan para PERAMPOK & KORUPTOR! Usaha yang dibangun dengan cara kotor pasti ga akan bertahan lama! Karena Tuhan itu ADIL!

    BalasHapus
  4. gw juga pernah ngalamin,beli lensa zoom dengan harga 2x lipat dibanding harga umum,kalo ga salah tokonya yang disebut diatas...polanya hampir sama,juga hati hati dengan toko kamera yang jaringannya banyak dalam 1 mall,harga akan tetap sama,kalo yg bawa bb or android, coba browsing dulu deh biar ga nyesel tentang harga...pakai patokan beberapa situs online terpercaya...

    BalasHapus
  5. Bagaimana dengan toko kamera di BTM Bogor, Sepertinya modusnya hampir sama. Tgl 28 Okt 2012 mau beli lensa yg sebelumnya sudah sms. Kesannya barang ada di toko.SAmpai di toko, akhirnya membeli kamera poket casio QV-R70 seharga 1jt lebih. PAs pulang sempat melihat di toko elektronik di lokasi yang sama, harganya cuma 800.000 sudah dapat memory card. Memang sih, pedagang berusaha mencari untung sebanyak mungkin. Tetapi, dengan selisih harga yang terlalu jauh, sepertinya sudah tidak etis........Lokasi toko dekat eskalator...

    BalasHapus
  6. emang bener,jangankan d tempat yang toko kameranya sedikit,d pasar baru aja yang toko kameranya banyak masih bnyak yang nipu..apalagi klo kita newbie tentang alat fotographi,pasti jadi incaran empuk sales2 toko yg notaben nya etnis tertentu**** (tp itu juga gak smua lo).intinya klo mau beli alat fotographi mending di anter sama yang udah faham,n cek harga sebelum membeli..(pengalaman pribadi,dan pernah ketipu 1.8jt haha TT)

    BalasHapus
  7. agan" sekalian.. sekedar saran..
    lain kali kalo mau beli kamera ato elektronik sejenisnya ..lakukanlah googling terlebih dahulu, dan juga pada saat mau membeli barang tsb, lakukan compare harga dari 1 toko ke toko lain / minimal compare ke 10 toko berbeda dari lantai 2 sampai lantai teratas di pusat perelektronikan trsbut (perlu diingat, lantai 1 kbanyakan penipu karena mereka berpikir bahwa pembeli malas naik keatas untuk melakukan comparison )
    :)
    SALAM FAIR PLAY

    BalasHapus
  8. Numpang cerita pengalaman ya!
    Aku beli Camera Digital Casio QV-R70 seharga 1.450.000 dpt bonus memory 8GB+ TAS di toko ZOOM MALL BTM Lokasi dekat eskalator. menurut kalian segitu mahal gak? Soalnya aku kurang faham tentang camdig. Aku nyari di internet gak ada harga rekomendasinya. Harga aslinya berapa sih? Mohon yang tahu jawabannya di bls ya. Terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Juga Baru Beli Di Glodog kena 900.000, cuma dapet bonus memori 2 giga sama hand bag abal2..

      Ternyata setelah saya cek di internet harganya 650 - 750 rb, itu dapet memory 8 giga sama puch asli casio..

      nyesel.. kalo beli pake nafsu

      ternyata newbie2 kaya kita gampang banget ketipu ya...

      pas aku komplain katanya yang lain ga garansi resmi, ga ada baranglah.. ternyata banyak yang tipu2..

      mending beli camera di carefour, giant, dan sejenisnya.. malah lebih murah

      Hapus
  9. sedikit saran dari saya yang hampir tiap hari main ke harco glodok.sebaiknya sebelum membeli sesuatu barang yang blm kita tau harga pasaran saat itu.coba muter2 masuk ke beberapa toko dulu tanya2 harga dan tawar dengan harga di bawah 30 persen.contohnya saya pernah mau beli camcoder profesional merek sony yang harganya sekitar 21jt tahun lalu.saya tawar 15jt(pasti gak di kasih heheheh)sebelum deal saya tanya2 ke agen resmi sony dulu.tapi harganya diatas 21jt.ok memang kalau beli barang di sonynya langsung pasti mahal.saya tnya ke harco glodok tanya beberapa toko dan dapat harga sekitar 21jt,saya tawar lg 17jt (gak di kasih juga heheheh iseng kalau dikasih syukur gak yah gpp)tapi barang gak ready.akhirnya saya main ke mangga 2 mall dan tanya lagi sampe 4 toko.akhirnya saya dapat harga yang paling rasional yaitu 19jt dan deal sama toko tersebut bayar pake card. intinya kalau mau beli barang yang blm kita tau harga pasarannya sebaiknya jangan nafsu langsung beli.tanya dulu minimal 3 sampe 4 toko dan bila perlu cek harga di internet dulu sebelum memutuskan deal.jadi kita bisa tau harga yang rasional yang perlu kita bayar.demikian sedikit pengalaman saya.terima kasih.

    BalasHapus
  10. hampir semua toko di mangga 2 mall dan harco glodok khususnya yang jualan kamera.ampli fier karaoke dan sejenisnya TDK membutuhkan langganan tetap tp uang sekali jalan.kalau bisa di potong langsung dipotong,makanya harus super hati2 kalau belanja disana.tawar harga dimulai dari 35 persen dibawahnya dulu baru mulai naikin dikit2.

    BalasHapus
  11. memang pedagang suka nawarin yg aneh2,, kita maunya barang A dia nawarin barang B dengan alasan lebih ini itu dan harga beda jauh, saya sering digituin, yg penting kitanya harus bisa tegas kalo kita mau barang A ya A jgn sampai kena rayuannya. Bener kata agan2 di atas mending cek dulu di internet atau cek di 3 sampai 4 toko dulu untuk perbandingan harga

    BalasHapus
  12. Toko toko sebenar nya ga nipu..kadang salah kita sendiri ga bisa nawar. Mereka ada barang dan harga suka2 dy mau buka berapa itu hukum dagang gan klo kita merasa mahal ya nawar klo deal bungkus... klo ternyata barang yg kita beli lebih mahal ya salah sendiri ga nawar2 sadis.. dari ke sadisan kita nawar maka timbul buka harga tinggi tinggi..klo ga bisa nawar ya kena.

    BalasHapus
  13. gan ane minta bantuan,,,saya juga kena tipu,,
    ini aneh bgt gan,,nama toko kamera yang saya beli EXPOSE ditangerang city mall namanya APHIN juga yang jual, ftonya mirip ky toko zoom gt,,kyny sama deh tuh 3 toko,,zoom, expose, digital, sama aj penipuan

    ketika mau beli kamera SLR nikon d3200 atau cannon D650, saya sudah cek harga tersebut namun usai keliling" toko akhirnya tiba di toko kamera expose di tangerang city mall, kemudian orangny itu menawarkan kamera nikon P510 yang bukan SLR, namun dia membandingkan kelebihan kamera tersebut dengan SLR yang mau saya beli,,,akhirnya saya jatuh hati untuk membeli kamera nikon P510 yang dia ungul"kan,,singkat cerita saya beli dengan harga 5.7 juta dengan bilang itu keluaran baru katanya,,namun sampai dirumah saya cek harga pasaran 3.2 jutaan dismua toko pun sama,,ternyata dia bisa"nya jual dengan harga 5.7 juta,,dan saya bsknya telepon dia bil tidak bisa dituker karena garansi sudah dilaporkan, padahal sya tidak tau bener atau tidak sudah dilaporkan secepat itu garansinya, saya mau telp ke bosnya dia tidak kasih dan minta alamat pusatnya juga tidak dikasih,,,mohon bantuanya jika ada yang tau tentang toko kamera expose, yang di tangerang cabangnya di tangerang city mall, JL jendral sudirman no 1 cikokol tangerang no telp tokonya 29309342,
    jika ada yang tau bisa info ke saya tentang toko pusatnya atau ada yang pernah tau bos aslinya sapa,

    mohon bantuanya utk bisa email ke verrikus@gmail.com untuk bantuan informasi dari agan"
    trims

    BalasHapus
  14. Bener,,, JGN BELI KAMERA ATAU APAPUN JUGA di TOKO ZOOM.... Gw jg brusan kena tepu (jumat 19apr13)....

    BalasHapus
  15. Untuk teman" yang sudah menjadi korban.saya kasih sedikit saran buat anda.saya adalah salah satu di bidanng itu.terserah mau nurut atau tidak itu tergantung kalian.
    Untuk pertama ✗ toko yang di tempati para etnis cina sebaiknya di hindari semua.setiap toko yang di tempati etnis cina itu adalah satu kelompok di mana pun toko itu berada.
    Sudah hampir di seluruh indonesia.
    Itu paling penting.
    Kalo masih sayang uang di kocek anda.
    Caranya memberi supaya tidak di tipu dan toko tersebut tidak dapat berbuat apa"
    Jika anda membeli barang yang di incar pertama" kalian tenya barang tersebut.pasti jawabnya ada.
    Itu kesempatan kamu untuk mengikat duluan kata" mereka.
    Jika kalian melihat barang yang di keluarkan adalah display langsung kamu tanyain ada yang baru tidak.
    Jika dia blang ada suruh keluarin barangnya dulu dan di lihat.
    Paling penting jangan bermulut gatal .jangan menanyakan harga dulu.
    Dan menawarkan harga.itu penting yah.jika merka blang display itu baru.maka segera tinggalkan tempat itu.karena dengan penjualan yang kurang menguntungkan.mereka akan beralasan tidak ada barang.
    Dan itu diskplay makan anda tidak jadi membeli karena tidak ada barang.kecewa bukan.
    Juga semua web yang kalian buka itu tidak ada artinya.
    Biasanya yang di buka web para penjualan itu adalah.
    www.Tokocamzone.com
    Harga pasaran kamera semua ada di situ.
    1 lagi yang penting.
    Beli barang jangn mau acesories yang di tawarkan.
    Belih standar bawahan boxnya aja.
    Ingat jangan mau di tawarin acesories lain.
    Meskipun mereka bilang penting.
    Tetap jangan mau.
    Alasanya.
    Karena dengan jual kamera saja tidak dapat dapat untung lebih banyak.
    Maka penjual kamera menyerang dari acesoriesnya.
    Begtu jga dengan penawaran kamera yang lain.
    Itu jga sama.
    Karena misalkan.
    Anda mecari barang yang di incar.
    100% anda tau harga yang di incar anda.makan penjual tidak bisa buka harga lebih tinggi.
    Mau tidak mau membuka harga dengan harga yang wajar.
    Tapi penjual kamera akan menjelek"kan barang yang di incar tersebut.supaya anda terpengaruh dan mau pindak ke kamera lain.yang di jelaskan dengan kualitas yang lebih bagus padahal tidak benar.
    Apa lagi barang yang di tawarkan itu anda belm memahaminya.hancur kan.
    Ingat,jika anda membeli kamera.gunakan ponsel uncuk membuka web.terlebih dahulu.
    Cek di web lebih jelas.
    Dari pada memutar" ke toko yang lain.
    Sadar hoi ponsel lagi canggih.terutama BBm skali broadcast langsung tersebar ke toko lainya.
    Supaya kompak main harga.
    Anda mau cek keman" pasti sama.
    Tau"nya tertipu.
    Ini saja saran saya.
    Pikirkan sendiri

    BalasHapus
  16. adukan saja ke perlindungan konsumen, biar ditindak tuh pedagang nakal, pasti pemiliknya warga keturunan tionghoa tuh (rata)

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK semua ETNIS itu bisa dipukul rata penipu, dan tidak bisa DIJAMIN 100% org PRIBUMI itu jujur.
      Intinya, mau beli barang yg mahal harga nya, harus browsing matang2,belajar dari pengalaman yg jd korban,dan py prinsip apa yg mau dibeli dr awal itu yg akan dibeli dengan harga yg sudah disurvey. KALAU TERTIPU, bukan salah penjual 100%, itu jg bantuan dr kita yg CEROBOH .
      Sarannya sangat ngebantu thanks :)

      Hapus
  17. Pengalaman DUNIAKAMERA SHOP (penjualan Online)

    Semula gw pesan kamera CANON EOS 350D dgn harga di Bandrol gw tawar dengan syarat pembayaran CASH dan gw setuju via transfer.
    Saya Tunggu ga ada kabar kabari akhirnya saya hub. dan katanya tertahan di TIKI nya karena barang BM. dia minta untuk jaminan biar langsung dikirim dan herannya gw turuti. Gw tunggu2 ga ada juga gw hub ga , dan saya cek ke BANK Mandiri ternyata dananya habis setelah ditransfer. Melihat kejadian itu berarti gw ketipu dan gw harus pasrah dan berdoa semoga pelaku dan keturunan lebih parah dari yang saya alami.

    PESAN YANG SAYA INGET "BOLEH BELANJA DI ONLINESHOP TAPI HARUS COPY DARAT untuk cek barang dan lihat keasliannya, Kalo bisa bw temen yang tau (minimal jangan sendiri) ajak di tempat UMUM Jika terjadi sesuatu kita bisa berteriak Itu yang paling teraman.

    Saya berdoa semoga orang ini cepat tertangkap serta mendapat azab lebih dari orang yang tertipu selama ini. MAHA BESAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA.... AMIN.......

    BalasHapus
  18. Di btm bogor toko yg namanya camera anjing tuh, gw posisi lagi butuh tripot buat dadakan gw beli 250rb merk excell gembel gw ceck lagi harganya 125rb ngehe, lensa made in cina tamron aja di bandrol sama dia 1,9jt. Emang ngehe toko kamera" di dalem mall

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mau tny, apabila ada pengaduan ke perlindungan konsumen,apakah anda mau gabung ?

      Hapus
  19. Ko.. kasusnya sama ya.... kalau saya beli kamera yang pasarannya cuma 800rb. Mereka menjual 2jutaan.,. Cuma kalau saya beda toko.,.

    BalasHapus
  20. mungkin waktu itu saya lagi beruntung, kasus y sama mau beli kamera. dateng langsung ke toko auto shot yg di ekalokasari mall bogor.sblumnya dah browsing n googling bwt nikon d3000. pas dateng lgsung nanya, ada nikon d3000 g, dy bilang ada langsung diambilin dr display yg dipajang. nya harga, dia buka 4,2. wajar ya emng harga y sekitar segitu. ditwar gboleh katanya. baru saya sebutin nama bos y yg bilang kl saya dapet diskon bisa bli 3,8. krena yg ngrekomendasiin toko itu ya bos y itu, sebelumnya saya udah knal.iya dia etnis *****,saya jawa. tp g semua y ngocol kq. yg ngocol th krywan2 y. bos mh mna mau ambil resiko tipu gt. bisa bangkrut dy. lanjut nih.....setelah itu dy tlp, masttin ky y. eh bener langsung dkasih 3,8. sya tanya tas, mc. ktanya g dpet. berhubung sya jawa dan nekat orang y, sya pksa aja.hehe. ngpain takut.dia twar ,kita tawar lg.kq bisa g dpet kta sya. masa bungkus kmera pke kntong kresek kt sya. waduuuuh, tlp nikon y lah kta saya, biar sya yg ngomong.hbis itu jg gdpet memori lg, emg c kbnykan gdpet memori, domana2 jg hrus beli sendiri. yahhh tp msa mau nyerah,kl gda memori kan gbisa buat fto. akhirnya sya liat2 dl, hbis itu langsung bungkuslah. siipppp. mpe rumah dubuka.....lah kq ini memori nyangkut kta saya. awesome. jd bisa bwt fto deh tnpa harus ngeluarin uang tambahan. lupa kli th krywannya. etz ntr dulu man, sya sdar y bru setelah baca blok ini nih kl ternyta saya juga kena tipu......wktu itu kn dy ngmbil kamera y dr display, otomatis udah sering dipake buat sampel. GUBRAK. gbaru lg dong. he intinya sya jg kna tipu, tp dikit doang kq....pesen, msuk toko gausah liat kiri kanan, fokus n lagsung tnya tjuan kita cari apa. pembeli tau tujuan kita berati.paling bka hrga tinggi, gausah takut twar sadis ,halal ini asl g kebangetan.muka biasa aja gausah ngiler liat kamera, senjata nih : bawa budget y yang pas, ga kurang g lebih. jd kl dia nwarin brg yg lbih tinggi blang aja budget y segini nih.kl dia nwarin brang laen, blag OGAH !! good day n good luck ^^

    BalasHapus
  21. gue galau ni gan beli kamera canon eos 1100d yang kualitas bagus tapi murahh dan ga tipa tiipu dmn gan ada request ga ya,,
    helpp mee gannn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke bhinekha.com deh bro disana bisa kita datang langsung atau lewat online bro dan juga bisa dibandingkan dengan toko online lainnya...

      Hapus
  22. untuk sekarang mending beralih ke online shop dengan membandingkan situs2 yang ada, yang pakling murah disamperin, atau via delivery

    BalasHapus
  23. untuk teman-teman semuanya saya menyarankan kalo mau beli kamera digital atau digicam mendingan ke resminya saja atau ke toko-toko yang sudah jadi agen resminya aja. kalo enggak ke toko bhinekha saja harganya juga bisa dilihat di internet dan bandingan dengan harga-harga yang lainnya bisa dibandingkan nggak jauh berbeda dan juga pelayanannya ramah dan juga sesuai dengan keinginan kita yang kita beli..

    BalasHapus
  24. www.tokocamzone.com

    disitu udah ada daftar harganya... masuk dalam kategori website online utk transaksi www.polisionline.com

    YM, whatsapp, BB, sms, telpon, email... tanya2 di facebook semuanya bisa dilakukan. silakan cek dulu bro.

    BalasHapus
  25. DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
    Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
    CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
    CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
    CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
    CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
    CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
    CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
    CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
    CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
    CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
    CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
    CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
    CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
    CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
    CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
    CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
    CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
    Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
    TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
    Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
    TLP.021-4067-5777
    HP.085-228-567-888
    PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
    Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
    Promo discond terbatas
    DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
    http://canon-indonesia.jimdo.com/

    BalasHapus
  26. permisi gan , saya mau nanya . di berniaga.com ada yang jual DSLR canon 450D dengan harga 2,1jt. kondisi baru . kira-kira itu produk asli apa palsu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu penipuan, lebih baik jangan. percaya saya

      Hapus
  27. Permisi gan & sis

    ane mau curhat tentang pengalaman ane beli kamera slr

    dari awal ane mau beli nikkon d3200 harga sekitar 6 jt an.

    waktu itu ane mau brangkat ke jkt dari bogor cuma mau beli kamera aja, tiba2 ane ada tlp dari bos ane truss ane nyruh ade ane gan ke jkt buat beli tuh kamera ( ini nama tokonya digitalpoins) .

    ade ane nanya ke si abang nya harga kamera nikkon d3200 . nah kata abangnya gini kamu ngapain jauh2 dari bogor cuma mau beli nikkon d3200 nah di jelasin dah tuh kelamahan nikkon panjang lebar. pokoknya jelek bgt dh tuh nikon.

    si abangnya nawarin sony alpha 3000 dijelasin jg kelebihannya ampe di praktekin segala. ade ane ga tau tentang masalh kamera sama kaya ane gan ga tau sama sekali.

    ade ane bbm ane deh gmn jdinya mau beli yang mana . kata si abangnya sih bagusan sony alpha 3000

    yaudah kata ane sih terserah bagusnya aja, ane jg lpa check harga kamera sony alpha 3000.

    di beli dah tuh kameraa.

    pas smpe rumah ane pensaran nih kamera harganya brpa??

    ane browsing, ane tanya2 toko kamera yg di internet. taunya harganya cuma 4.5

    anjrit ane ketipuuu gann. enekkk bgttt.

    Anjing bgt tuh kan toko kamera.

    ane balikin lagi ga bisa karena barang sudah di beli katanya.

    hati2 agan2 atau sis yg mau beli kamera. jagn smpe termakan rayuan penipu busuk modusnya bnyak bgt.

    mudah2 an uangnya ga berkahhhh.

    pokoknya cek harga dlu ya gan sebelum beli.

    BalasHapus
  28. Kalo mao beli camera Canon, sebenarnya distributor resminya ada ko.
    Focus Nusantara, Oktagon, sama Aneka Jaya Foto di Pasar Baru.

    Untuk harga Focus biasanya sedikit lebih mahal, tapi bsia daitawar dengan kasih liat harga competitiornya di internet.
    Aneka jaya foto biasanya paling murah tapi kalo mao liat2 ribet.
    Gua sih paling comfy di Oktagon, karna mao liat dan test gampang trus untuk pake Kartu Kredit ga kena charge lagi.
    Bila anda beli di 3 toko tersebut dijamin camera yang anda beli bukan BM karena mereka distributor resmi jadi ga boleh jual barang BM.
    Kalo mao beli barang BM bisa ke tokocamzone.com mereka ada barang resmi dan BM harap ditanya dan diperhatikan.

    Btw yang merasa ketipu, apa pernah bandingin harga dengan Electronic City, best denky, dll?
    Harga mereka bisa 20-30 persen di atas harga aslinya loo

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, apa ada kemungkinan toko sekelas best denki, electronic city dan electronic solution melakukan penipuan dengan jual barang BM juga?

      Hapus
  29. oh ya yang bilang lens tamron cuman 1.5 -2 jt, anda salah bro itu tergantung lensanya.
    Ada yang 10 jt juga ko lensa tamron.

    untuk produk nikon ditributor resminya kotaraya tapi mereka terkenal suka kasih harga yang mahal.
    Jadi lebih enak belanja di 3 toko distributor canon di atas

    BalasHapus
  30. Pengalaman di Toko kamera di Paragon Mall Semarang Deket Foodcourt Robucon..12 01 2014

    Saya Gak tau kamera sama sekali...saya nanya harga di sana. Sales cina taik tu bilang Nikon 3200..5jt an. saya tanya sony alpha 58 ..4,4 JT. Ok saya setuju beli sony itu..memang duit nya cuman segitu. Trus ditawarin yg ini yg itu dng harga dibawah dan diatas 4,4jt. katanya sony alpha 58 belum autofokuslah,masih manual lah dll,,,dll Saya mulai berpikir kenapa ni sales. Saya tetap mau beli yg sony, pertama ditanya barang ada stock baru bukan yg di etalase. Ok ..setelah saya mau bayar...dia bilang barang gak ada..trus waktu diperagain dia pakai yg dietalase.saya mau bayar yg diperagain aja toh katanya barang cuman ada satusatunya. Ehh malah dia bilang gak dijual klo yg di etalase.,,,usut punya usut ternyata harga terlalu rendah yg dia tawarkan. klo saya bilang tu toko gak layak buat tempat beli kamera. Penipu dan Gak sesuai Omongan si sales....Hati hati bagi orang semarang beli di toko tersebut

    BalasHapus
  31. TOKO FOCUS ITU PEMALAK BANGSAT!! Gw kena di toko focus itc depok. Beli filter marumi haze uv 67 mm harganya 200rb, pas gw cek di bhinneka cuma 105rb. Salahnya gw beli ga cek2 pasaran dulu. Cuma kalo naikin harga sampe 100% gitu ya tetep aja BANGSAT!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditoko kan wajar harga tinggi, mereka nyiptain laba mereka sendiri, dibilang nipu jgn 50;50 ya.. kita aja yg di bodohi karena minim pengentahuan soal harga pasaran. Dan selaly bilng newbie2.. yg jual mah welcome banget kasih harga tinggi. Untung nya bisa 100%, saran aja klo mo beli kamera hi end googling dlu soal harga pasaran internasional dan lokal perbandingan sih biasanya ga lebih dri 100% dr harga internasional.. pinter2 juga nego.. kalo dah tau harga pasaran.. trus klo punya keluarga/temen yg berencana beli camera buat yg pertama x dikasih sarsn atau ditemenin.. adek gw jg beli coolpix doank toko ngambil untung sampe 500rb an.. rajin2 nego. Tekad in kalo yakin harga nya ga sgitu mnding cari toko lain aja.. ato punya temen/kenalan yg ngerti kamera/toko langganan.. sekarang musim dlsr lagi banjir toko elektronik baru cari keuntungan berlebihan.. kita yg tertarik suka terjebak sama mereka soal harga, bahkan sampe yg jual brng palsu. Pinter2 nego pokoknya..

      Hapus
  32. Alahamdulillah kemarin baru saja beli camera prosumer di Focus ITC depok ga ada kejadian apa2. Pagi2 mmg sempet browsing n ketemu artikel ini n udah disimak baek2. 2 hari sebelumnya juga udah tanya2 mbah google ttg spek camera2 yg gw taksir. Jadi berbekal ilmu dr mbah google dan artikel ini berangkatlah belanja kamera di ITC Depok. Sampe sana laper jd makan dulu di foodcourt, hbs mkn lsg ke toko kamera yg ada di pinggir foodcourt. Nama tokonya ga ada, yah gw pikir bukan Focus. Langsung gw buka catetan n tanya2 4 kamera yg gw incer. Lsg diambilin dan dijejerin sama yg jual. Setelah liat penampakan scr langsung akhirnya gw pilih salah satu. Trus dikasih harga sama penjualnya. Hmmm lumayan pikir gw. Di La**d* n B*in*e** gw liat harga sekian dgn bonus 8gb n tas. Gw bilang ke penjual "Ini sdh termasuk bonusga?" Dia bilang ngga. Gw bilang "Klo gt harga termasuk 8gb sama tas berapa. Saya udah ada yang kasih harga bagus dan termasuk yg tadi." Akhirnya penjual utak atik kalkulator...dan jrenggg....harga yg ditawarkan lumayan. Selisih 250ribu lah. Ok gw ambil. Tapiiii.....sambil buka kotak, nyoba barang, n bikin bon.....si penjual bilang barang yg gw beli ga ok....trus dia ambilin barang lain merek lain n berbusa2 cerita kehebatan itu kamera. But krn gw dah bermodal ilmu (cerita2 dr web ini) dan iman agar tak tergoda, ya gw nyantai aja. Lagian emang gw udah browsing n liat hasil foto dr produk yg gw beli, Jadi ya mantep banget. Tetep dirayunya gw, tapi ngeliat gw mantep tep, yah penjual ga bisa ngomong apa2 lagi. Nah begitu bonnya dateng, gw disuruh tandatangan, baru deh gw melongo......lah ini toko FOCUS???? Jadi gw beli kamera di toko yg diomongin di web yg td pagi gw baca?????? Masa sih ITC gede banget, bisa2nya gw langsung nemplok ke toko pertama n lsg deal di FOCUS. Padahal biasanya kl beli barang gw puter2 dulu. Yah sudahlah....overall semuanya bae2 aja. Penjualnya nyadar banget gw ngerti barang yg mau dibeli. Dia sendiri bilang gw pasti ngerti harga n barang inceran. Jadi dia nggak berani macem2. Dan dari awal buka harga udah harga bagus, yah....supaya gw ga lari ke toko lain. Jadi..........saran gw jadilah pembeli yg seperti saran2 di atas....gw jg belajar dr situ kok. Jangan suka salahkan orang lain/toko. Kalau kita bisa bertindak sbg pembeli yg bijak, maka penjual ga akan macem2. Yg parah kalo kita ga ngerti apa2, tau2 dateng n tanya :"mas saya mau beli kamera tapi ga tau mesti yg mana, budget saya 2 juta"....hahaha bisa abis tuh.....mengenai harga mahal, ga bisa dikategorikan penipuan. setiap toko berhak nentuin harga sendiri2. kalo pembeli penjual udah deal n sama2 ridho, maka halal. salahnya pembeli kl ga cek lebih dulu.

    BalasHapus
  33. saran & sharing...
    sebelum memutuskan beli apa saja :
    1. cek dulu harga di internet minimal 5 toko.
    ( harga internet lebih mahal dikit/di atas rata rata.
    2. survey lokasi ,, turun langsung ke toko ( di luar yang kita cari lewat internet ).
    minimal 3- 5 toko biar afdhol dan sreg.
    3. pada saat pilih product kita akan diarahkan penjual ke product lain, caranya :
    a. kalau memang tertarik dengan produk itu / diluar yang kita incar sebelumnya = keluar dulu brosing dulu ( jgn gegabah).
    b. cek ke toko lain harga tersebut min 3 toko.
    3. cek product dapat apa aja , manual book, cash or dll.
    4. pastikan transaksi dengan aman.
    5. cek barang belanjaan sebelum keluar toko.

    di satu sisi maaf saja penjual misal modal atau harga beli 100.000,- di jual Rp 1.000.000,- tidak salah dan tidak ada hukum nya
    ( yang beli mau tidak atau yang jual mau laku atau tidak ).

    kecualui kalau barang bekas / second harus di kasih fisiknya atau cacat atau rusak jika ada.

    kadang - kadang kita berangkat dari rumah setelah berada di toko akan bebeda suasananya, gugup , bingung, mikir yang laennya.
    T E NA NG relaxs...

    salam laper...

    BalasHapus
  34. persaingan usaha kami di cerita jelek
    DISTRIBUTOR CANON INDONESIA CAMERA CENTER
    http://camera-centerstore.blogspot.com/
    Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
    CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
    CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
    CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
    CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
    CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
    CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
    CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
    CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
    CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
    CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
    CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
    CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
    CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
    CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
    CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
    CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
    Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
    TOKO CAMERA CENTER melayani pengiriman seluruh Indonesia.
    Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
    TLP.021-4067-5777
    HP.0852 – 9399 - 9216
    PIN BB:24D491BE Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
    Alamat: Glodok plaza shopping senter lt 2 dasar no 70-71 jakarta
    Promo discond terbatas
    http://camera-centerstore.blogspot.com/
    DISTRIBUTOR TERPERCAYA.

    BalasHapus
  35. Beberapa toko yg wajib dijadikan referensi krn memang toko resmi dan terpercaya dizntaranya adalah....

    JPC-KEMANG

    WWW.TOKOCAMZONE.COM (KEMANG, ITC FATMAWATI, , BEC &JL.BANDA

    ANEKA PHOTO (PASAR BARU)

    OKTAGON (KEMANG)

    they are trully trusted retailer (Y)

    BalasHapus
  36. dalam Islam menjual barang diatas harga normal untuk mendapatkan keuntungan tidak salah, selama barang yang dijual bukan barang kebutuhan sehari-hari utama seperti beras (primer= sandang, pangan, papan) dan barang-barang lainnya yang sifat pemakaiannya sejenis.

    barang-barang yang bersifat pelengkap atau bersifat mewah yang kalau tanpa keberadaan benda tersebut-pun manusia tetap dapat hidup diperbolehkan mengambil keuntungan diatas harga pasar atau harga yang diatur atau ditentukan pemerintah selama terjadi ijab qabul tanpa ada unsur kecurangan sedikitpun didalamnya.

    dalam tulisan ini yang salah adalah teknik menjual barangnya. seringnya penjual menggunakan cara yang bisa dikategorikan menipu atau muslihat dengan berkata bahwa barang yang ditawarkan lebih baik dari yang dipilih konsumen. dengan niat mengambil keuntungan, pedagang yang jadi topik di tulisan ini sudah melakukan kecurangan dan atau muslihat dan atau penipuan dengan modus mengatakan bahwa barang yang disarankan pedagang lebih baik secara kulitas dari pada barang yang dipilih konsumen lalu pedagang menawarkan barang lain dengan harga tertentu lalu memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari hasil perbuatannya tersebut.

    berhati-hati dan bersabar sebelum membeli, kenali barang yang ingin dibeli, pelajari kekurangan dan kelebihan barang yang ingin dibeli, pelajari harga tertinggi dan terendah dari barang yang ingin dibeli, pelajari penjualnya.

    saran:
    toko-toko seperti tokocamzone, oktagon, bhinneka.com, camera.co.id, jpckemang.com, jeffnco.com, bursakameraprofesioal.net, dan focusnusantara.com adalah toko-toko kamera offline yang memiliki toko online yang harganya sering dapat dijadikan acuan yang objektif karena camzone, bursa kameraprofesional, focusnusantara, dan jpc sudah lama merintis bisnisnya.

    ajukan harga ke toko-toko diluar yang saya ajukan diatas kepada toko-toko gajelas (istilah saya sendiri), seperti toko-toko kamera FOCUS dan ZOOM yang ada ditulisan admin ini atau minta mereka buka salah satu atau beberapa situs toko-toko yang saya sarankan ditempat anda akan membeli peralatan fotografi anda lalu pelajari reaksi atau respon penjualnya, kalau pihak toko gajelas itu berusaha men-cacat harga atau kualitas barang dari toko-toko yang saya sarankan lalu menawarkan merk lain diluar keinginan anda dengan barang lain yang lebih murah atau barang lain yang katanya lebih bagus dengan harga yang lebih mahal dan anda tidak memahami tentang produk yang sedang mereka tawarkan maka itu adalah tanda bagi anda untuk sebaiknya keluar dari toko tersebut dan urungkan niat membeli saat itu lalu cari waktu lain untuk bisa datan ke toko-toko offline yang saya usulkan.

    BalasHapus
  37. Just for info all..kalo mau beli kamera dan aksesoris yang terjamin bagus harga miring dan gak pake tipu2 di JPC Kemang itu tempat udh terkenal juga dan ramenya bukan maen..pelayanan ramah dan teliti, segala apapun ada dan gak tipu2..

    BalasHapus
  38. Ikut sharing juga nih, kebetulan hari kemarin boleh dibilang kena "tipu" juga, padahal sebelumnya udah baca-baca pengalaman mas dan mba disini.

    Jadi ceritanya kemarin itu saya lagi butuh kamera digital, dan berangkat lah saya ke BEC di Jln. Purnawarman - Bandung, yang emang udah jadi tempat yang biasa saya kunjungi buat beli alat-alat elektronik.

    Sampai di BEC, saya langsung naik ke lantai 1 dan pas belok kiri, tepatnya di BEC Lt. 1 Blok D No. 13 - 15, ada satu toko kamera yang namanya "JETSET". Karena niat awal mau beli kamera saku SONY DSC WX-220 yang pas di cek harganya di internet rata-rata di kisaran Rp. 2.5 juta, maka saya pun nanya2 mengenai kamera tersebut ke penjaga toko-nya. Dan ternyata katanya kamera tersebut udah jarang ada, maka dia nawarin lah kamera yang lain, dan salah satunya yang saya tertarik adalah kamera merek Canon PowerShot SX 400 IS.

    Akhir kata akhirnya saya sepakat beli kamera Canon PowerShot SX 400 IS plus bonus memory 8 Gb dan anti gores seharga Rp. 3.150.000.

    Pas balik ke rumah pengen tau harga pasarannya di internet berapa, eh pas di cek ternyata harga kamera tersebut sekarang harganya udah di bawah Rp. 2 jutaan, rata-rata Rp. 1.8 - 1.9 jt.

    Ya walaupun pihak pembeli boleh menaikkan harga berapapun yang dia mau, tapi kalo bedanya sampai dengan Rp. 1 juta-an lebih sih itu udah keterlaluan namanya. Mau kesana lagi juga malas, pasti barang yang sudah dibeli gak bisa dibalikin lagi.

    Ini sebagai pembelajaran aja bagi saya dan kawan-kawan disini yang masih awam mengenai kamera dan mau membeli kamera, untuk berhati-hati. Selalu cek harga di internet sebelum jadi membeli,

    BalasHapus
  39. jangan pernah percaya sama toko PLANET KAMERA DI ITC CEMPAKA MAS !!

    BalasHapus
  40. Lapor Polisi boss...di jamin duit di kembaliin..soalnya saya kena pengalaman gt jg..

    BalasHapus