Jumat, 16 April 2010

TOKO KAMERA YANG HARUS DIHINDARI

1 . penipuan harga

A. Pengalaman Temen

Penipuan Harga di Toko Kamera Focus Mall Mangga Dua

Hari Rabu siang, 27 Januari 2010, saya membeli camcorder/handycam Merk Spectra DX3 di Toko Kamera FOCUS Mall Mangga Dua Lantai Dasar N0. 30B, Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat, Telp. (021) 62202697. Saya belum tahu harga pasaran barang tersebut sebelumnya.

Singkat cerita, sebelum terjadi kesepakatan harga waktu saya katakan bayarnya tunai. Setelah saya beli, iseng2 tanya ke toko kamera lainnya masih di Mall Mangga Dua ternyata harga pasarannya paling tinggi Rp1,4 juta + bonus memori card 2gb. Padahal, saya disuruh bayar Rp2,8 juta saat transaksi hari Rabu 27 Januari 2010, setelah itu saya balik lagi ke toko FOKUS dan menanyakan harga sebenarnya soalnya ditoko lain lebih murah eh malah dijawab sama penjaganya (namanya BUDI) Toko lain menjual barang PALSU, tapi anehnya lebih dari 3 toko yang saya tanyakan ternyata harganya ga jauh beda paling mahal Rp. 1,4 jt dan setelah pulang saya cek lewat internet harganya sekitar Rp. 1,4 jt. Adakah diantara temen2 yang tahu berapa harga sebenarnya SPECTRA DX3?

Saya juga membeli memory card type SD merk VGEN 8 Gb dan Tasnya, jadi total semuanya saya belanja 3.050.000,-. Dari situ sudah terlihat terjadi penipuan kepada konsumen, dan saya khawatir akan banyak konsumen yang awam akan harga barang elektronik bisa kena tipu seperti saya. Padahal, di mata masyarakat belanja di Mall Mangga Dua dikenal dengan harga yang cukup lebih rendah dibanding pusat belanja lainnya.

Saya selaku konsumen sangat kecewa dengan ulah segelintir pedagang yang ingin meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara tidak baik seperti itu.

B.



Hari rabu tgl 28 oktober gw nyari camera SLR di mangga 2, berhubung gw sibuk nyari Memory Gskill & OCZ untuk pc gw jadi gw lupa check harga pasaran dan fitur2 setiap camera SLR..
tapi akhirnya gw coba mampir di salah satu toko camera yang cukup gede dengan nama ZOOM, tepatnya dekat lobi depan Mall Mangga 2. disana gw tanya camera Canon 500D ternyata harganya 8jt++ itupun tanpa bonus tripod, memory, dan blow katanya "itu bonusan dulu waktu promo" padahal setau gw itukan paketan camera (dasar penipu: dalam hati). Akhirnya gw pindah ke toko lain dan ketemulah itu toko camera Focus yang lokasinya dekat eskalator.

Ditoko Focus gw dapet harga yang lebih menarik yaitu dibawah 8jt itupun dapet memory, tripod, dan tas (biarpun gw tau itu tas busuk palsu, entah yang aslinya dia kemanain) dia bilang semua Camera SLR pasti dapet Memory, Tripod, Tas karena udah paketan. setelah ngobrol2 dengan costumer toko itu yang namanya Aphin dan gw ngaku kalau gw newbi dalam bidang camera SLR akhirnya dia kasih rekomendasi brand lain yaitu Sony Alpha 230, gw coba buat perbandingan dengan canon tapi ternyata emang gw cocoknya pakai Sony, gw putuskanlah beli Sony Alpha dengan harga dari dia 8jt++ kok lebih mahal dari Canon ya? yaudah ga terlalu pikir panjang karena bini gw udah jatuh cinta sama tuh Sony akhirnya gw beli deh tuh camera dengan beli tambahan UV dan Memory.

Sebenernya perasaan gw ga enak, gw yakin ada yang janggal waktu tuh si Aphin ngotot rekomendasikan Sony kelas rendah itu. sampe rumah gw langsung check harga pasaran dan ternyata apa yg gw dapet? harga pasaran Sony Alpha 230 cuma 5jt++ dan kalau untuk yang harga sampai diatas 7jt itu bonus lensa 55-200 jadi dapet 2 lensa karena lensanya emang cukup mahal.. Anjrit ternyata bener perasaan gw ada yang ge enak, gw ketipu hampir 3jt.. ga basa basi besoknya gw telpon si Toko Focus nyari Aphin gw marah2in tapi dia ngotot katanya emang segitu trus gw bilang ada perbandingan di toko online eh dia malah jelek2in toko online katanya garansi ga jelas.

Gw ga mau kalah pokoknya gw ngotot minta lensa sisanya dan diapun beralesan kontak ke atasan dulu abis itu mau nelpon gw yaudah gw turutin. kira-kira 1 jam kemudian dia nelpon bilang kalau dia ga tau ternyata emang ada paket itu (ah bullshit banget) dan dia mau kasih lensa tapi bukan 55-200 melainkan 70-300 berdalih lebih bagus dari yang 55-200 tapi gw harus nambah duit + balikin memory, tipod, dan tas paketan camera (hahahahhaha ini orang kemaren bilang kalau itu paketan semua SLR sekarang minta balikin) udahlah gw turutin aja tapi memory yang dibalikin gw bayarin 50%. setelah deal dia nyuruh gw dateng besok (jum'at) tapi pas hari jum'at gw di telp katanya belum ada stock, adanya sabtu atau minggu yaudah gw tetep ke mangga 2 untuk tuker Motherboard gw yang konslet setelah di overclock..

Sabtu, gw nemenin Nyokap, adek, dan bini gw ke ancol tepatnya ke 4 Dimensi ternyata pas mau pulang masih sore yaudah gw ajak ke mangga 2 aja sekalian ngambil lensa. pas sampe di toko gw nunggu beberapa menit untuk dilayani karena banyak calon pembeli (calon korban penipuan kalau menurut gw sih, soalnya gw nguping itu ada yang mau beli Sony Alpha 230 tapi ga dikasih paketannya, cuma camera doang hahahhaa)

akhirnya lensa yang ditunggu datang juga, tapi gw cukup terkejut ternyata bukan Sony tapi Tamron, itupun yang 70-300 (ah monyet bener2 cari gara2 nih toko) dengan berdalih itu lensa harganya "mahal sekali" padahal gw tau temron tipe itu murah paling 1,5jt tapi gw kan udah rugi 2,5jt. gw minta yang Sony tapi nggak dikasih katanya ini udah paketan dari Sony kerjasama dengan Tamron (jelas2 beda brand alias saingan) yaudahlah gw udah pusing abis dijemur di ancol dan gw udah ngerti moralnya tuh para karyawan toko semua sama aja. Akhirnya gw terima aja dari pada ribet lagi, masalahnya bini gw kan hamil jadi gw harus jaga perilaku. Coba kalau ngga hamil wah bisa gw pukulin di tempat tuh Aphin.


yasudah akhirnya gw pulang kerumah dengan tidak berharap banyak dan kecewa, intinya gw posting ini biar temen2 semua nggak mengalami apa yang gw alami, jadi sebelum membeli pastikan googling dulu jenis, fitur, dan harga pasaran. peringatan dari gw untuk newbie: "JAUHI 2 TOKO KAMERA DIATAS!" jadi pastikan jangan nurut apa kata tuh para tikus penipu.

adios.

kasus ke tiga

Penipuan Harga di Toko Focus Elektronik ITC Depok

Hari Minggu sore, 12 Oktober 2008, saya membeli camcorder/handycam di ITC Depok Focus Elektronik lantai 2 blok A dengan keluarga saya. Saya belum tahu harga pasaran barang tersebut sebelumnya.

Singkat cerita, sebelum terjadi kesepakatan harga waktu saya katakan bayarnya dengan credit card, kartu kredit sudah diminta saja. Setelah saya beli, keesokan harinya baru saya tahu harga pasarannya Rp1,4 juta dari toko elektronik lain dan Glodokshop.com. Padahal, saya disuruh bayar Rp2 juta saat transaksi hari Minggu 12 Oktober.

Saya juga membeli memory card type SD merk VGEN 1 GB dengan harga Rp225.000, padahal dengan Rp200.000 sudah dapat memory card type SD merk VGEN 8 GB atau lihat link ini Bhinneka.com. Dari situ sudah telihat terjadi penipuan kepada konsumen, dan saya khawatir akan banyak konsumen yang awam akan harga barang elektronik bisa kena tipu seperti saya. Padahal, di mata masyarakat belanja ITC dikenal dengan harga yang cukup lebih rendah dibanding pusat belanja lainya.

Saya selaku penduduk Depok sangat kecewa dengan ulah segelintir pedagang yang ingin meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara tidak baik seperti itu.

Terima kasih.



154 komentar:

  1. Ternyata masalah gw ga beda sama kejadian di toko kamera focus mangga dua.Kalo gw kejadiannya di bandung.Maksud gw pgn beli D7000,sama yg jaganya di rayu dengan sejuta alsan (kelebihan kamera sony alpha 55).Gw wkt itu beli sony alpha dgn harga 9,7jt (kamera+kit only).Gw brani beli tuh barang krn harga kamera yg lainnya+aksesorisnya ga jauh beda harga pasarannya.Tnp pikir panjang,gw berkeyakinan kalo harga sony ga bakal beda dengan harga di toko lainnya.Langsung aja ni gw sebut tokonya (toko kamera APLHA) di mall festival citylink,jl.Peta-Bandung.Setelah sampe rmh,gw penasaran sama harga ni kamera.Stlh gw liat,ternyata harganya selisih 2jt (gelo pisan tah!!!!)besoknya gw datengin lg tuh toko,gw minta kamera ini di balikin lg aja drpd beli kamera hrg lbh mahal 2jt d banding toko" lainnya.Yg jaga toko lgs telp bosnya.Setelah negoisasi,akhirnya dgn ketidak ikhlasan gw,duit cm bs d balikin 1,25 jt aja.Parah jg ni toko.Pesen gw,hati"lah sebelum membeli.Cek dl harga barang di pasaran,biar ngga kena rayuan setan yang terkutuk!!!Pantes aja ya toko" cina pada cepet tajirnya,ternyata ngga semua permainannya bersih,walopun ada beberapa jg yg friendly!!!Hati" sebelum membeli barang" di toko ALPHA,mall festival citylink bandung,supaya anda tidak tertipu dengan harga yg terpaut tinggi.Semoga info dr gw bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg baru mengalami gan ( 1 mei 2014 )...padahal rasanya saya sudah hati2 benar...dan jg sdh sering baca kejadian2 seperti ini di internet.....ceritanya,,begini......saya rencana mau beli lensa canon EF 24-105 MM F/4L USM...sudah keliling2..akhirnya...saya terperngkap oleh pedagang nakal....saya mengalami kerugian hampir 2 jt an...NAMA TOKO : MY CAMERA...MANGGA 2 MALL NO 17A LANTAI 2...awalnya ...omongan nya memang enak...lensa yg saya cari jg cocok harganya....TAAAAPIIII...si pedagang ngomong....sayang pak...kalua bapak beli lensa ini...sudah mahal dan juga tidak cocok sama lamera bapak..( kamera saya EOS 70D ) karna saya jg blm begitu profesonal...mkanya saya nanya ke penjualya...trus apa lensa yg cocok dgn kamera aya....bagus nya bapak beli CONVERTER saja wide dpt makcro jg bisa..harganya jg murah katanya....padahal saya blm mengerti apa tu converter..... akhirnya saya ngikutin sara si penjual dgn membeli 1, CONVERTER PROTAMA DSRL-06II MACRO - FILTER UV SOLO - & ANTI GORES KAMERA SEHARGA Rp 3 jt....sampai di rumah saya coba cek harga converter ...ASTAGAAAA,,,TERNYATA HARGANYA CUMAN Rp 750 ribu.....panas dingin badan saya jadinya,,,,,,besok nya balik ke mangga 2...tanya ke penjualnya.( 2 mei 2014 )..kok harganya mahal bos...katanya...memang segitu harganya pak ...itu jg kan sdh saya kurangin...SAYA CUMAN MEMBATU BAPAK..dari pada membeli lensa seri L mahal..sekarang baarang yg sudah di beli tdk bs di pulang kan pak......sambar gledek....enak aja ngomongnya membatu saya....ngibulin iya.....modar aku...............pedagang sialan....

      Hapus
    2. Anggita sari.. penjual neraka.. pukimai.!!!

      Hapus
    3. Amit amit ya skrg pedagang seenaknya jualan nipu gt. Kemarin jg pernah beli kamera d bandung namanya toko MYCAM di bec, sama banget persis kaya gtu di rayu kamera lain. Dan ternyata harganya lbh mahal. Jd hati2 skrg d bec kalo yg dagang cina kadang ga bener, tp ga semuanya gtu.

      Hapus
    4. Memang bener ya yang d bec sekarang semua komplotan dari mangga dua pindah ke bandung. Mungkin nama toko yang d mangga dua my camera itu sama dengan yang d bec kemarin saya beli

      Hapus
    5. sama teh saya juga nama tokonya JUMBO DIGITAL saya rugi 1,6juta teh

      Hapus
    6. Teliti sebelum membeli... cek n compare harga di JPC Kemang, harga sdh pasti...

      Komisi Perlindungan Konsumen harusnya tanggap thd kejadian2 ini, sweeping pedagang2 nakal, jatuhkan sanksi jika perlu...

      Hapus
    7. Termasuk barang elektronik laptop juga ga ka?? Yg didaerah bec bandung itu

      Hapus
    8. Termasuk barang elektronik laptop juga ga ka?? Yg didaerah bec bandung itu

      Hapus
    9. Termasuk barang elektronik laptop juga ga ka?? Yg didaerah bec bandung itu

      Hapus
    10. Saya ktipu juga di BEC bandung nama tokonya WISDOM, no hpnya 085284597022 yg jualnya namanya Budi. Emosiiiii seemosi2nya!

      Hapus
    11. Lapor aja ke polisi bkin BAp

      Hapus
  2. Sama banget!
    Gue barusan kejadiannya.
    Ga rugi banyak, tapi tetep nyesek!!!
    Gue ketipu di TOKO FOCUS ITC DEPOK!!
    Gue awalnya niat beli camdig nikon, cuma sejuta. Tapi si koko yg jualan ngotot nyaranin samsung atau sony. Akhirnya gue beli camdig merk Sony. Dia jualnya 1,4juta. Pas sampe rumah gue cek ternyata harga resmi dari Sony cuma 1,1juta. Sumpah gue pikir gue beli di pedagang Cina soalnya pasti terpercaya, ternyata malah ketipu. Antara pengen marah dan ngerasa goblok ga survey harga dulu. Biar Tuhan yang membalas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kna tipu bli kamera d'TOKO FOCUS ITC DEPOK
      niat'a pngn bli kamera canon eos 1100 mlah d'bujuk buat ambil yg sony ja,,kta'a lbih bgus
      akhir'a gw bli tu sony sharga 3,1 jta pas gw cek lg harga'a cma 1,4 jt rugi bnyk bngt gw smpe 1,7 jta
      gw sumpahin smoga kbakar tu tko

      Hapus
    2. Emang China brani nipu sekarang ....
      Klo w ketipu waktu beli Hp Wiko buatan Prancis, harga umum pling mahal mahal 1,4 w bayar 1,8

      Hapus
    3. Emang China brani nipu sekarang ....
      Klo w ketipu waktu beli Hp Wiko buatan Prancis, harga umum pling mahal mahal 1,4 w bayar 1,8

      Hapus
    4. KECEWA BELI CANON 1200D di Toko OLYMPIANS BEC BANDUNG, Ternyata modus tersebut masih dijalankan, Kemarin Tanggal 13/12/2015 saya ke BEC Bandung beli kamera untuk anak saya yg mash SMA kls 1, awalnya saya ke toko yang menjual camera I L*** ****** (ramai) lihat etalase didatangi petugasnya (Achai), saya tanya harga nikon D3330 ( dia kasih harga) agak murah, karena niatnya beli camera tsb jadi saya fokus dan hapal harganya (lihat di toko online), tadinya disuruh msk berhubung ramai o/ybs di ajak ke toko yg lain (Olympians) letaknya agak ke blkang, setelah di toko Olympians, disitu di bandingkan lah hsl jepretan antara Nikon D3300 dan canon 1200D (yg tentunya) sdh diseting agar hsl canon 1200D lbh bagus dan dia rekomen bahwa camera 1200D tsb prosesor nya lbh baik, akhir nya saya beli canon 1200D sesuai rekomendasi (achai) dng harga 5.850.000, yg saya dapat camera canon EOs 1200D kit III Rsm, Memory 8GB, Tas camera Screen Guard Universal, Filter Kenko UV 58 MM
      Herannya di tempat saya nga browsing harga di toko online (harga berkisar 4250.000 – 4.500.000), kesimpulannya “Tertipu” Lebih dari Satu Juta Lebih, setelah baca artikel ini di rumah , artikel https://blajarmotret.wordpress.com/2013/02/08/hati-hati-penipuan-saat-beli-kamera/#comment-315 ini sangat membantu, dan hati hati untuk yg lain :( …… ,
      Saya bertanggung jawab untuk tulisan ini (bukti pendukung ada) jika diperlukan ….

      Hapus
  3. Gue juga TERTIPU!

    Kejadiannya di Pekan Raya Jakarta / Jakarta Fair tgl 21 Juni 2012 kemaren. Di bonnya nama tokonya adalah WIJAYA DIGITAL MANGGA DUA MALL sedangkan di kartu namanya nama tokonya WINS MALL AMBASADOR.

    Gue tadinya ga terlalu ngeh dengan nama tokonya, karena gue cuma tertarik dengan lensa Canon dan di toko ini banyak banget barang-barang Canon. Pas gue nanya harga lensa Canon yang wide berapa, si engko yang jualnya langsung bermulut SUPER MANIS dengan bilang "ngapain mahal-mahal beli lensa Canon yg harganya 6 juta, mendingan pake conversion lens aja". Alhasil dia ngambilin conversion lens ProTama wide+macro 0.45x 58mm dan bilang klo harganya cuma 1,8 juta. Gue sih cukup terpukau karena harganya emang jauh lebih murah kan. Jadi gue langsung beli tanpa pikir panjang. Sekalian beli flash Yongnuo Speedlite YN-460 II dgn harga 900rb yg beda jauh juga dengan harga flash Canon yg katanya harganya 2 juta-an.

    Pas gue cek di website Yongnuonya (http://www.yongnuostore.com/product/yongnuo-yn-460ii-yn460-ii-flash-speedlight_canon/), harganya cuma US$49.07 (sekitar Rp.450rb), di websitenya sentrakamera.com harganya beda dikit Rp.420rb. Jadi gue harusnya bisa dapet 2 FLASH YONGNUO!

    Untuk conversion lens ProTama wide+macro 0.45x 58mm, gue ga nemu harganya di internet, bahkan di ebay pun ga ada. Sebagai perbandingan gue nemu conversion lens yang sama persis tapi merknya Digital King 0.5x 58mm di FocusNusantara.com (http://www.focusnusantara.com/product_store/digital_king_wide_angle_converter_0,5x_58.php) harganya cuma 1,1 jut! Klo di ebay ada Protama 0.6x wide 58mm (http://www.ebay.com/itm/ProTama-58mm-0-6x-Wide-Lens-for-Canon-EOS-1100D-550D-600D-60D-18-55mm-Lens-/130707077572?pt=Camera_Lenses&hash=item1e6ebfb9c4) harganya US$79.00 (sekitar RP.700rb-an). DAMN!

    Iseng-iseng gue coba telpon ke nomer telpon yang tertera di bon & kartu namanya. Untuk flash Yongnuonya, katanya ga ada stock jadi ga bisa kasih harga, sedangkan untuk conversion lens ProTama harganya 2,9JUTA!!! OMG!!! Pantesan aja tokonya gede gitu.. tapi sayang semuanya itu adalah hasil dari PENIPUAN!

    Gue juga orang Cina dan keluarga gue juga punya usaha dagang tapi tetep aja ga akan naikin harga seenak jidat kaya gitu! Sok-sok ngajarin cara make flash yang bener tapi ternyata PENIPU! Kalian ga ada bedanya dengan para PERAMPOK & KORUPTOR! Usaha yang dibangun dengan cara kotor pasti ga akan bertahan lama! Karena Tuhan itu ADIL!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane juga ngalamin hal yang sama gan di mangga dua mall tgl 20 juli 2015.
      nama tokonya JAYA GEMILANG di Mangga Dua Mall lt.1 nomer 45A-B
      Hati2 banyak pedagang tidak jujur disitu.

      Ane niatnya cuma mau beli action camera merk brica doang seharga 1,5jt. Setelah tau harga disitu pas sama budget, ane langsung deal tanpa nawar. Begitu mo bayar, tiba2 ane ditawarin action camera lain yg ane tau jelas itu speknya lebih jelek dari brica tapi dia kasih harga lebih mahal dari brica. Ane cuma senyum dan mulai merasa curiga sama tingkah penjaga toko.

      Ane akjirnya nolak dan cuma mau brica doang. Tidk menyerah lantas penjaga toko nawarin lagi microSD card 32GB seharga 300rb.. karena ane butuh jadi ane iya kan tanpa mikir harga.
      Begitu udah mau ane bayar dgn total 1.8jt, ane ditawarin lagi tas kamera yg ane tahu itu harganya cuma 150rb tapi dia jual 400rb, gak hanya itu gan. Ane yg lagi mikirin duit juga seperti dihipnotis untuk beli batere yg mesrinya 99rb dengan harga 400rb. Gila!!

      Karena ane pengen cepet2 bayar dan pergi dari toko itu, ane suruh aja totalin harganya pake KALKULATOR dia di meja. Karena wktu itu yg bayar nyokap gw jadi ya gw gak liat totalnya. Nyokap yg ngga ngerti kamera juga sepertinya mulai tertipu dengan si penjaga toko yg tidak jujur dengan membeli semua yg ditawarkan oleh penjaga toko.

      Akhirnya kami ditipu mentah2 dengan harga aksesoris china yang mereka jual dengan harga 3x lipat. Bodohnya ane adalah nggak ngawal nyokap saat deal harga :(

      Intinya jangan percaya sama ORANG CHINA yang berjualan di mangga dua mall, kecuali ente kenal baik dan langganan sama dia.

      Trik orang2 seperti ini adalah
      1. menurunkan harga kamera, tapi menaikkan harga aksesoris dengan gila2an
      2. Menggoda konsumen untuk membeli semua aksesoris kamera dengan harga seenaknya, sampai menutup kerugian dari harha kamera yg murah tadi
      3. Memanfaatkan pembeli yg awam dengan info2 bohong seperti "wah jangan beli ini mas barangnya jelek, mendingan ini mahal dikit tapi bagus"
      4. Selalu tanya rincian harga per item, karena CHINA BODOH ini selalu melakukan tipu dayanya di KALKULATOR dengan menambahkan nominal pada total harga seluruh benda yang dibeli. Minta dia menghadapkan layar kalkulatornya kepada Anda saat melakukan total keseluruhan harga.
      5. Kalo penjaganya mulai berkomunikasi dengan rekannya memakai bahasa mandarin atau china atau apalah itu, segera sudahi transaksi dengan pergi ataupun menawar 50%, karena dapat dipastikan mereka sedang berkoordinasi untuk menipu Anda

      semoga tidak ada korban dari CHINA BODOH ini lagi ya, mereka bodoh dan miskin makanya penuh tipu daya biar cepet kaya.

      Hapus
    2. Benee bgt itu aku jg sedih bgt kemarin d tipu orang tukang jual KAMERA si CHINA BODOH!! Aku nyesel bgt ga buka dulu internet buat searching, ternyata kelakuan modus nya dari dulu. Semoga Alloh membalas nya..

      Hapus
    3. @asri kanialarasati
      Hahaha SARA loe... udah gajaman jeng
      Kecyduk tau rasa

      Hapus
    4. jangan SARA, tapi aku juga trauma sama penjual china soalnya gua pernah ketipu 1,6jt dan chinanya ngomong pake bahasa mandarin buat kode2an

      Hapus
    5. padahal nyokap percaya banget sama etnis ini...klo begini jadi tercemar kan..
      kebetulan lagi mau cari kamera, tp mau liat review2 dulu..ternyata nemu begini....mending beli online aja klo gt, di toko yg udh terpercaya, emang harga sedikit mahal sih....

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. gw juga pernah ngalamin,beli lensa zoom dengan harga 2x lipat dibanding harga umum,kalo ga salah tokonya yang disebut diatas...polanya hampir sama,juga hati hati dengan toko kamera yang jaringannya banyak dalam 1 mall,harga akan tetap sama,kalo yg bawa bb or android, coba browsing dulu deh biar ga nyesel tentang harga...pakai patokan beberapa situs online terpercaya...

    BalasHapus
  5. Bagaimana dengan toko kamera di BTM Bogor, Sepertinya modusnya hampir sama. Tgl 28 Okt 2012 mau beli lensa yg sebelumnya sudah sms. Kesannya barang ada di toko.SAmpai di toko, akhirnya membeli kamera poket casio QV-R70 seharga 1jt lebih. PAs pulang sempat melihat di toko elektronik di lokasi yang sama, harganya cuma 800.000 sudah dapat memory card. Memang sih, pedagang berusaha mencari untung sebanyak mungkin. Tetapi, dengan selisih harga yang terlalu jauh, sepertinya sudah tidak etis........Lokasi toko dekat eskalator...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami kejadian yg sama, saya membeli gopro hero 4 plus monopod plus memori card total 6,5 juta paketan katanya. Padahal saya cek di google gopro 5,5 monopod 400 memori card 100 saya ditipu 500 k di btm dekat eskalator.

      Hapus
  6. emang bener,jangankan d tempat yang toko kameranya sedikit,d pasar baru aja yang toko kameranya banyak masih bnyak yang nipu..apalagi klo kita newbie tentang alat fotographi,pasti jadi incaran empuk sales2 toko yg notaben nya etnis tertentu**** (tp itu juga gak smua lo).intinya klo mau beli alat fotographi mending di anter sama yang udah faham,n cek harga sebelum membeli..(pengalaman pribadi,dan pernah ketipu 1.8jt haha TT)

    BalasHapus
  7. agan" sekalian.. sekedar saran..
    lain kali kalo mau beli kamera ato elektronik sejenisnya ..lakukanlah googling terlebih dahulu, dan juga pada saat mau membeli barang tsb, lakukan compare harga dari 1 toko ke toko lain / minimal compare ke 10 toko berbeda dari lantai 2 sampai lantai teratas di pusat perelektronikan trsbut (perlu diingat, lantai 1 kbanyakan penipu karena mereka berpikir bahwa pembeli malas naik keatas untuk melakukan comparison )
    :)
    SALAM FAIR PLAY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane juga ngalamin hal yang sama gan di mangga dua mall..
      naman tokonya JAYA GEMILANG di Mangga Dua Mall lt.1 nomer 45A-B
      Banyak pedagang tidak jujur disitu

      Ane niatnya cuma mau beli action camera merk brica doang seharga 1,5jt. Setelah tau harga disitu pas sama budget, ane langsung deal tanpa nawar. Begitu mo bayar, tiba2 ane ditawarin action camera lain yg ane tau jelas itu speknya lebih jelek dari brica tapi dia kasih harga lebih mahal dari brica. Ane cuma senyum dan mulai merasa curiga sama tingkah penjaga toko. Dia kira ane ngga ngerti spek action camera, sudah mulai tipu-tipu rupanya.

      Ane akjirnya nolak dan cuma mau brica doang. Tidk menyerah lantas penjaga toko nawarin lagi microSD card 32GB seharga 300rb (harga online tertinggi setelah ane cek 205rb).. karena ane butuh jadi ane iya kan tanpa mikir harga.
      Begitu udah mau ane bayar dgn total 1.8jt, ane ditawarin lagi tas kamera yg ane tahu itu harganya cuma 150rb tapi dia jual 400rb, gak hanya itu gan. Ane yg lagi mikirin duit juga seperti dihipnotis untuk beli batere yg mestinya 99rb dengan harga 400rb. Gila!!

      Karena ane pengen cepet2 bayar dan pergi dari toko itu, ane suruh aja totalin harganya pake KALKULATOR dia di meja. Karena wktu itu yg bayar nyokap gw jadi ya gw gak liat totalnya. Nyokap yg ngga ngerti kamera juga sepertinya mulai tertipu dengan si penjaga toko yg tidak jujur dengan membeli semua yg ditawarkan oleh penjaga toko.

      Akhirnya kami ditipu mentah2 dengan harga aksesoris china yang mereka jual dengan harga 3x lipat. Bodohnya ane adalah nggak ngawal nyokap saat deal harga :(

      Intinya jangan percaya sama ORANG CHINA yang berjualan di mangga dua mall, kecuali ente kenal baik dan langganan sama dia.

      Trik orang2 seperti ini adalah
      1. menurunkan harga kamera, tapi menaikkan harga aksesoris dengan gila2an
      2. Menggoda konsumen untuk membeli semua aksesoris kamera dengan harga seenaknya, sampai menutup kerugian dari harha kamera yg murah tadi
      3. Memanfaatkan pembeli yg awam dengan info2 bohong seperti "wah jangan beli ini mas barangnya jelek, mendingan ini mahal dikit tapi bagus"
      4. Selalu tanya rincian harga per item, karena CHINA BODOH ini selalu melakukan tipu dayanya di KALKULATOR dengan menambahkan nominal pada total harga seluruh benda yang dibeli. Minta dia menghadapkan layar kalkulatornya kepada Anda saat melakukan total keseluruhan harga.
      5. Kalo penjaganya mulai berkomunikasi dengan rekannya memakai bahasa mandarin atau china atau apalah itu, segera sudahi transaksi dengan pergi ataupun tawar lagi harganya sampe 50%. karena dapat dipastikan mereka sedang berkoordinasi untuk menipu Anda

      semoga tidak ada korban dari CHINA BODOH ini lagi ya, mereka bodoh dan miskin makanya penuh tipu daya biar cepet kaya.

      Semoga semua rekan yang sudah share pengalaman di halaman ini mendapat rizki lebih dan toko yg telah merugikannya tidak mendapat rizki yg berkah sehingga membawa malapetaka bagi pemilik toko, karyawan, serta seluruh keluarganya
      :')

      Be a smart buyer, be an honest seller

      Hapus
  8. Numpang cerita pengalaman ya!
    Aku beli Camera Digital Casio QV-R70 seharga 1.450.000 dpt bonus memory 8GB+ TAS di toko ZOOM MALL BTM Lokasi dekat eskalator. menurut kalian segitu mahal gak? Soalnya aku kurang faham tentang camdig. Aku nyari di internet gak ada harga rekomendasinya. Harga aslinya berapa sih? Mohon yang tahu jawabannya di bls ya. Terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Juga Baru Beli Di Glodog kena 900.000, cuma dapet bonus memori 2 giga sama hand bag abal2..

      Ternyata setelah saya cek di internet harganya 650 - 750 rb, itu dapet memory 8 giga sama puch asli casio..

      nyesel.. kalo beli pake nafsu

      ternyata newbie2 kaya kita gampang banget ketipu ya...

      pas aku komplain katanya yang lain ga garansi resmi, ga ada baranglah.. ternyata banyak yang tipu2..

      mending beli camera di carefour, giant, dan sejenisnya.. malah lebih murah

      Hapus
  9. sedikit saran dari saya yang hampir tiap hari main ke harco glodok.sebaiknya sebelum membeli sesuatu barang yang blm kita tau harga pasaran saat itu.coba muter2 masuk ke beberapa toko dulu tanya2 harga dan tawar dengan harga di bawah 30 persen.contohnya saya pernah mau beli camcoder profesional merek sony yang harganya sekitar 21jt tahun lalu.saya tawar 15jt(pasti gak di kasih heheheh)sebelum deal saya tanya2 ke agen resmi sony dulu.tapi harganya diatas 21jt.ok memang kalau beli barang di sonynya langsung pasti mahal.saya tnya ke harco glodok tanya beberapa toko dan dapat harga sekitar 21jt,saya tawar lg 17jt (gak di kasih juga heheheh iseng kalau dikasih syukur gak yah gpp)tapi barang gak ready.akhirnya saya main ke mangga 2 mall dan tanya lagi sampe 4 toko.akhirnya saya dapat harga yang paling rasional yaitu 19jt dan deal sama toko tersebut bayar pake card. intinya kalau mau beli barang yang blm kita tau harga pasarannya sebaiknya jangan nafsu langsung beli.tanya dulu minimal 3 sampe 4 toko dan bila perlu cek harga di internet dulu sebelum memutuskan deal.jadi kita bisa tau harga yang rasional yang perlu kita bayar.demikian sedikit pengalaman saya.terima kasih.

    BalasHapus
  10. hampir semua toko di mangga 2 mall dan harco glodok khususnya yang jualan kamera.ampli fier karaoke dan sejenisnya TDK membutuhkan langganan tetap tp uang sekali jalan.kalau bisa di potong langsung dipotong,makanya harus super hati2 kalau belanja disana.tawar harga dimulai dari 35 persen dibawahnya dulu baru mulai naikin dikit2.

    BalasHapus
  11. memang pedagang suka nawarin yg aneh2,, kita maunya barang A dia nawarin barang B dengan alasan lebih ini itu dan harga beda jauh, saya sering digituin, yg penting kitanya harus bisa tegas kalo kita mau barang A ya A jgn sampai kena rayuannya. Bener kata agan2 di atas mending cek dulu di internet atau cek di 3 sampai 4 toko dulu untuk perbandingan harga

    BalasHapus
  12. Toko toko sebenar nya ga nipu..kadang salah kita sendiri ga bisa nawar. Mereka ada barang dan harga suka2 dy mau buka berapa itu hukum dagang gan klo kita merasa mahal ya nawar klo deal bungkus... klo ternyata barang yg kita beli lebih mahal ya salah sendiri ga nawar2 sadis.. dari ke sadisan kita nawar maka timbul buka harga tinggi tinggi..klo ga bisa nawar ya kena.

    BalasHapus
  13. gan ane minta bantuan,,,saya juga kena tipu,,
    ini aneh bgt gan,,nama toko kamera yang saya beli EXPOSE ditangerang city mall namanya APHIN juga yang jual, ftonya mirip ky toko zoom gt,,kyny sama deh tuh 3 toko,,zoom, expose, digital, sama aj penipuan

    ketika mau beli kamera SLR nikon d3200 atau cannon D650, saya sudah cek harga tersebut namun usai keliling" toko akhirnya tiba di toko kamera expose di tangerang city mall, kemudian orangny itu menawarkan kamera nikon P510 yang bukan SLR, namun dia membandingkan kelebihan kamera tersebut dengan SLR yang mau saya beli,,,akhirnya saya jatuh hati untuk membeli kamera nikon P510 yang dia ungul"kan,,singkat cerita saya beli dengan harga 5.7 juta dengan bilang itu keluaran baru katanya,,namun sampai dirumah saya cek harga pasaran 3.2 jutaan dismua toko pun sama,,ternyata dia bisa"nya jual dengan harga 5.7 juta,,dan saya bsknya telepon dia bil tidak bisa dituker karena garansi sudah dilaporkan, padahal sya tidak tau bener atau tidak sudah dilaporkan secepat itu garansinya, saya mau telp ke bosnya dia tidak kasih dan minta alamat pusatnya juga tidak dikasih,,,mohon bantuanya jika ada yang tau tentang toko kamera expose, yang di tangerang cabangnya di tangerang city mall, JL jendral sudirman no 1 cikokol tangerang no telp tokonya 29309342,
    jika ada yang tau bisa info ke saya tentang toko pusatnya atau ada yang pernah tau bos aslinya sapa,

    mohon bantuanya utk bisa email ke verrikus@gmail.com untuk bantuan informasi dari agan"
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Trnyata bnyk bgt korban ya, saya beli kamera canon m10 dgn hrga 6,3 jt pdhl hrga nya cuma Kisaran 5 jt!!! Modus nya sama smua penjual pasti nawarin kamera laen dr pilihan awal kita krn mreka tau klo kita udh survey hrga, jd mereka nawarin kamera yg kita blm survey hrga nya, syg ny sy bkn asli org jkrta jd saya cuma tlp tuh toko, awal ny si mb nya yg jwb dgn judes nya, trs dy kesel di ksh ke cowok yg mnjual kamera nya dgn saya, dy jwb nya seolah olah gk peduli dgn keluhan konsumennya, ttp aja alesan yg gk masuk akal! Minus lainnya saya di ksh memory 16gg yg isi nya sdh full dgn foto pdhl dy blg baru, pdhl tuh memory dy blg bonus tp saya ttp aja suruh nambah 50 rb, saya bnr bnr ngerasa di tipu!! Smiga tdk ada lg korban korban lain

      Hapus
  14. Bener,,, JGN BELI KAMERA ATAU APAPUN JUGA di TOKO ZOOM.... Gw jg brusan kena tepu (jumat 19apr13)....

    BalasHapus
  15. Untuk teman" yang sudah menjadi korban.saya kasih sedikit saran buat anda.saya adalah salah satu di bidanng itu.terserah mau nurut atau tidak itu tergantung kalian.
    Untuk pertama ✗ toko yang di tempati para etnis cina sebaiknya di hindari semua.setiap toko yang di tempati etnis cina itu adalah satu kelompok di mana pun toko itu berada.
    Sudah hampir di seluruh indonesia.
    Itu paling penting.
    Kalo masih sayang uang di kocek anda.
    Caranya memberi supaya tidak di tipu dan toko tersebut tidak dapat berbuat apa"
    Jika anda membeli barang yang di incar pertama" kalian tenya barang tersebut.pasti jawabnya ada.
    Itu kesempatan kamu untuk mengikat duluan kata" mereka.
    Jika kalian melihat barang yang di keluarkan adalah display langsung kamu tanyain ada yang baru tidak.
    Jika dia blang ada suruh keluarin barangnya dulu dan di lihat.
    Paling penting jangan bermulut gatal .jangan menanyakan harga dulu.
    Dan menawarkan harga.itu penting yah.jika merka blang display itu baru.maka segera tinggalkan tempat itu.karena dengan penjualan yang kurang menguntungkan.mereka akan beralasan tidak ada barang.
    Dan itu diskplay makan anda tidak jadi membeli karena tidak ada barang.kecewa bukan.
    Juga semua web yang kalian buka itu tidak ada artinya.
    Biasanya yang di buka web para penjualan itu adalah.
    www.Tokocamzone.com
    Harga pasaran kamera semua ada di situ.
    1 lagi yang penting.
    Beli barang jangn mau acesories yang di tawarkan.
    Belih standar bawahan boxnya aja.
    Ingat jangan mau di tawarin acesories lain.
    Meskipun mereka bilang penting.
    Tetap jangan mau.
    Alasanya.
    Karena dengan jual kamera saja tidak dapat dapat untung lebih banyak.
    Maka penjual kamera menyerang dari acesoriesnya.
    Begtu jga dengan penawaran kamera yang lain.
    Itu jga sama.
    Karena misalkan.
    Anda mecari barang yang di incar.
    100% anda tau harga yang di incar anda.makan penjual tidak bisa buka harga lebih tinggi.
    Mau tidak mau membuka harga dengan harga yang wajar.
    Tapi penjual kamera akan menjelek"kan barang yang di incar tersebut.supaya anda terpengaruh dan mau pindak ke kamera lain.yang di jelaskan dengan kualitas yang lebih bagus padahal tidak benar.
    Apa lagi barang yang di tawarkan itu anda belm memahaminya.hancur kan.
    Ingat,jika anda membeli kamera.gunakan ponsel uncuk membuka web.terlebih dahulu.
    Cek di web lebih jelas.
    Dari pada memutar" ke toko yang lain.
    Sadar hoi ponsel lagi canggih.terutama BBm skali broadcast langsung tersebar ke toko lainya.
    Supaya kompak main harga.
    Anda mau cek keman" pasti sama.
    Tau"nya tertipu.
    Ini saja saran saya.
    Pikirkan sendiri

    BalasHapus
  16. adukan saja ke perlindungan konsumen, biar ditindak tuh pedagang nakal, pasti pemiliknya warga keturunan tionghoa tuh (rata)

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK semua ETNIS itu bisa dipukul rata penipu, dan tidak bisa DIJAMIN 100% org PRIBUMI itu jujur.
      Intinya, mau beli barang yg mahal harga nya, harus browsing matang2,belajar dari pengalaman yg jd korban,dan py prinsip apa yg mau dibeli dr awal itu yg akan dibeli dengan harga yg sudah disurvey. KALAU TERTIPU, bukan salah penjual 100%, itu jg bantuan dr kita yg CEROBOH .
      Sarannya sangat ngebantu thanks :)

      Hapus
  17. Pengalaman DUNIAKAMERA SHOP (penjualan Online)

    Semula gw pesan kamera CANON EOS 350D dgn harga di Bandrol gw tawar dengan syarat pembayaran CASH dan gw setuju via transfer.
    Saya Tunggu ga ada kabar kabari akhirnya saya hub. dan katanya tertahan di TIKI nya karena barang BM. dia minta untuk jaminan biar langsung dikirim dan herannya gw turuti. Gw tunggu2 ga ada juga gw hub ga , dan saya cek ke BANK Mandiri ternyata dananya habis setelah ditransfer. Melihat kejadian itu berarti gw ketipu dan gw harus pasrah dan berdoa semoga pelaku dan keturunan lebih parah dari yang saya alami.

    PESAN YANG SAYA INGET "BOLEH BELANJA DI ONLINESHOP TAPI HARUS COPY DARAT untuk cek barang dan lihat keasliannya, Kalo bisa bw temen yang tau (minimal jangan sendiri) ajak di tempat UMUM Jika terjadi sesuatu kita bisa berteriak Itu yang paling teraman.

    Saya berdoa semoga orang ini cepat tertangkap serta mendapat azab lebih dari orang yang tertipu selama ini. MAHA BESAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA.... AMIN.......

    BalasHapus
  18. Di btm bogor toko yg namanya camera anjing tuh, gw posisi lagi butuh tripot buat dadakan gw beli 250rb merk excell gembel gw ceck lagi harganya 125rb ngehe, lensa made in cina tamron aja di bandrol sama dia 1,9jt. Emang ngehe toko kamera" di dalem mall

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mau tny, apabila ada pengaduan ke perlindungan konsumen,apakah anda mau gabung ?

      Hapus
    2. Saya juga mau mengadu saya tertipu memori card 32 gb seharga 750 ribu padahal harga aslinya 100 ribu

      Hapus
  19. Ko.. kasusnya sama ya.... kalau saya beli kamera yang pasarannya cuma 800rb. Mereka menjual 2jutaan.,. Cuma kalau saya beda toko.,.

    BalasHapus
  20. mungkin waktu itu saya lagi beruntung, kasus y sama mau beli kamera. dateng langsung ke toko auto shot yg di ekalokasari mall bogor.sblumnya dah browsing n googling bwt nikon d3000. pas dateng lgsung nanya, ada nikon d3000 g, dy bilang ada langsung diambilin dr display yg dipajang. nya harga, dia buka 4,2. wajar ya emng harga y sekitar segitu. ditwar gboleh katanya. baru saya sebutin nama bos y yg bilang kl saya dapet diskon bisa bli 3,8. krena yg ngrekomendasiin toko itu ya bos y itu, sebelumnya saya udah knal.iya dia etnis *****,saya jawa. tp g semua y ngocol kq. yg ngocol th krywan2 y. bos mh mna mau ambil resiko tipu gt. bisa bangkrut dy. lanjut nih.....setelah itu dy tlp, masttin ky y. eh bener langsung dkasih 3,8. sya tanya tas, mc. ktanya g dpet. berhubung sya jawa dan nekat orang y, sya pksa aja.hehe. ngpain takut.dia twar ,kita tawar lg.kq bisa g dpet kta sya. masa bungkus kmera pke kntong kresek kt sya. waduuuuh, tlp nikon y lah kta saya, biar sya yg ngomong.hbis itu jg gdpet memori lg, emg c kbnykan gdpet memori, domana2 jg hrus beli sendiri. yahhh tp msa mau nyerah,kl gda memori kan gbisa buat fto. akhirnya sya liat2 dl, hbis itu langsung bungkuslah. siipppp. mpe rumah dubuka.....lah kq ini memori nyangkut kta saya. awesome. jd bisa bwt fto deh tnpa harus ngeluarin uang tambahan. lupa kli th krywannya. etz ntr dulu man, sya sdar y bru setelah baca blok ini nih kl ternyta saya juga kena tipu......wktu itu kn dy ngmbil kamera y dr display, otomatis udah sering dipake buat sampel. GUBRAK. gbaru lg dong. he intinya sya jg kna tipu, tp dikit doang kq....pesen, msuk toko gausah liat kiri kanan, fokus n lagsung tnya tjuan kita cari apa. pembeli tau tujuan kita berati.paling bka hrga tinggi, gausah takut twar sadis ,halal ini asl g kebangetan.muka biasa aja gausah ngiler liat kamera, senjata nih : bawa budget y yang pas, ga kurang g lebih. jd kl dia nwarin brg yg lbih tinggi blang aja budget y segini nih.kl dia nwarin brang laen, blag OGAH !! good day n good luck ^^

    BalasHapus
  21. untuk sekarang mending beralih ke online shop dengan membandingkan situs2 yang ada, yang pakling murah disamperin, atau via delivery

    BalasHapus
  22. untuk teman-teman semuanya saya menyarankan kalo mau beli kamera digital atau digicam mendingan ke resminya saja atau ke toko-toko yang sudah jadi agen resminya aja. kalo enggak ke toko bhinekha saja harganya juga bisa dilihat di internet dan bandingan dengan harga-harga yang lainnya bisa dibandingkan nggak jauh berbeda dan juga pelayanannya ramah dan juga sesuai dengan keinginan kita yang kita beli..

    BalasHapus
  23. coba ke bhinekha.com deh bro disana bisa kita datang langsung atau lewat online bro dan juga bisa dibandingkan dengan toko online lainnya...

    BalasHapus
  24. www.tokocamzone.com

    disitu udah ada daftar harganya... masuk dalam kategori website online utk transaksi www.polisionline.com

    YM, whatsapp, BB, sms, telpon, email... tanya2 di facebook semuanya bisa dilakukan. silakan cek dulu bro.

    BalasHapus
  25. permisi gan , saya mau nanya . di berniaga.com ada yang jual DSLR canon 450D dengan harga 2,1jt. kondisi baru . kira-kira itu produk asli apa palsu ?

    BalasHapus
  26. Permisi gan & sis

    ane mau curhat tentang pengalaman ane beli kamera slr

    dari awal ane mau beli nikkon d3200 harga sekitar 6 jt an.

    waktu itu ane mau brangkat ke jkt dari bogor cuma mau beli kamera aja, tiba2 ane ada tlp dari bos ane truss ane nyruh ade ane gan ke jkt buat beli tuh kamera ( ini nama tokonya digitalpoins) .

    ade ane nanya ke si abang nya harga kamera nikkon d3200 . nah kata abangnya gini kamu ngapain jauh2 dari bogor cuma mau beli nikkon d3200 nah di jelasin dah tuh kelamahan nikkon panjang lebar. pokoknya jelek bgt dh tuh nikon.

    si abangnya nawarin sony alpha 3000 dijelasin jg kelebihannya ampe di praktekin segala. ade ane ga tau tentang masalh kamera sama kaya ane gan ga tau sama sekali.

    ade ane bbm ane deh gmn jdinya mau beli yang mana . kata si abangnya sih bagusan sony alpha 3000

    yaudah kata ane sih terserah bagusnya aja, ane jg lpa check harga kamera sony alpha 3000.

    di beli dah tuh kameraa.

    pas smpe rumah ane pensaran nih kamera harganya brpa??

    ane browsing, ane tanya2 toko kamera yg di internet. taunya harganya cuma 4.5

    anjrit ane ketipuuu gann. enekkk bgttt.

    Anjing bgt tuh kan toko kamera.

    ane balikin lagi ga bisa karena barang sudah di beli katanya.

    hati2 agan2 atau sis yg mau beli kamera. jagn smpe termakan rayuan penipu busuk modusnya bnyak bgt.

    mudah2 an uangnya ga berkahhhh.

    pokoknya cek harga dlu ya gan sebelum beli.

    BalasHapus
  27. Kalo mao beli camera Canon, sebenarnya distributor resminya ada ko.
    Focus Nusantara, Oktagon, sama Aneka Jaya Foto di Pasar Baru.

    Untuk harga Focus biasanya sedikit lebih mahal, tapi bsia daitawar dengan kasih liat harga competitiornya di internet.
    Aneka jaya foto biasanya paling murah tapi kalo mao liat2 ribet.
    Gua sih paling comfy di Oktagon, karna mao liat dan test gampang trus untuk pake Kartu Kredit ga kena charge lagi.
    Bila anda beli di 3 toko tersebut dijamin camera yang anda beli bukan BM karena mereka distributor resmi jadi ga boleh jual barang BM.
    Kalo mao beli barang BM bisa ke tokocamzone.com mereka ada barang resmi dan BM harap ditanya dan diperhatikan.

    Btw yang merasa ketipu, apa pernah bandingin harga dengan Electronic City, best denky, dll?
    Harga mereka bisa 20-30 persen di atas harga aslinya loo

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, apa ada kemungkinan toko sekelas best denki, electronic city dan electronic solution melakukan penipuan dengan jual barang BM juga?

      Hapus
  28. oh ya yang bilang lens tamron cuman 1.5 -2 jt, anda salah bro itu tergantung lensanya.
    Ada yang 10 jt juga ko lensa tamron.

    untuk produk nikon ditributor resminya kotaraya tapi mereka terkenal suka kasih harga yang mahal.
    Jadi lebih enak belanja di 3 toko distributor canon di atas

    BalasHapus
  29. Pengalaman di Toko kamera di Paragon Mall Semarang Deket Foodcourt Robucon..12 01 2014

    Saya Gak tau kamera sama sekali...saya nanya harga di sana. Sales cina taik tu bilang Nikon 3200..5jt an. saya tanya sony alpha 58 ..4,4 JT. Ok saya setuju beli sony itu..memang duit nya cuman segitu. Trus ditawarin yg ini yg itu dng harga dibawah dan diatas 4,4jt. katanya sony alpha 58 belum autofokuslah,masih manual lah dll,,,dll Saya mulai berpikir kenapa ni sales. Saya tetap mau beli yg sony, pertama ditanya barang ada stock baru bukan yg di etalase. Ok ..setelah saya mau bayar...dia bilang barang gak ada..trus waktu diperagain dia pakai yg dietalase.saya mau bayar yg diperagain aja toh katanya barang cuman ada satusatunya. Ehh malah dia bilang gak dijual klo yg di etalase.,,,usut punya usut ternyata harga terlalu rendah yg dia tawarkan. klo saya bilang tu toko gak layak buat tempat beli kamera. Penipu dan Gak sesuai Omongan si sales....Hati hati bagi orang semarang beli di toko tersebut

    BalasHapus
  30. TOKO FOCUS ITU PEMALAK BANGSAT!! Gw kena di toko focus itc depok. Beli filter marumi haze uv 67 mm harganya 200rb, pas gw cek di bhinneka cuma 105rb. Salahnya gw beli ga cek2 pasaran dulu. Cuma kalo naikin harga sampe 100% gitu ya tetep aja BANGSAT!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditoko kan wajar harga tinggi, mereka nyiptain laba mereka sendiri, dibilang nipu jgn 50;50 ya.. kita aja yg di bodohi karena minim pengentahuan soal harga pasaran. Dan selaly bilng newbie2.. yg jual mah welcome banget kasih harga tinggi. Untung nya bisa 100%, saran aja klo mo beli kamera hi end googling dlu soal harga pasaran internasional dan lokal perbandingan sih biasanya ga lebih dri 100% dr harga internasional.. pinter2 juga nego.. kalo dah tau harga pasaran.. trus klo punya keluarga/temen yg berencana beli camera buat yg pertama x dikasih sarsn atau ditemenin.. adek gw jg beli coolpix doank toko ngambil untung sampe 500rb an.. rajin2 nego. Tekad in kalo yakin harga nya ga sgitu mnding cari toko lain aja.. ato punya temen/kenalan yg ngerti kamera/toko langganan.. sekarang musim dlsr lagi banjir toko elektronik baru cari keuntungan berlebihan.. kita yg tertarik suka terjebak sama mereka soal harga, bahkan sampe yg jual brng palsu. Pinter2 nego pokoknya..

      Hapus
  31. Alahamdulillah kemarin baru saja beli camera prosumer di Focus ITC depok ga ada kejadian apa2. Pagi2 mmg sempet browsing n ketemu artikel ini n udah disimak baek2. 2 hari sebelumnya juga udah tanya2 mbah google ttg spek camera2 yg gw taksir. Jadi berbekal ilmu dr mbah google dan artikel ini berangkatlah belanja kamera di ITC Depok. Sampe sana laper jd makan dulu di foodcourt, hbs mkn lsg ke toko kamera yg ada di pinggir foodcourt. Nama tokonya ga ada, yah gw pikir bukan Focus. Langsung gw buka catetan n tanya2 4 kamera yg gw incer. Lsg diambilin dan dijejerin sama yg jual. Setelah liat penampakan scr langsung akhirnya gw pilih salah satu. Trus dikasih harga sama penjualnya. Hmmm lumayan pikir gw. Di La**d* n B*in*e** gw liat harga sekian dgn bonus 8gb n tas. Gw bilang ke penjual "Ini sdh termasuk bonusga?" Dia bilang ngga. Gw bilang "Klo gt harga termasuk 8gb sama tas berapa. Saya udah ada yang kasih harga bagus dan termasuk yg tadi." Akhirnya penjual utak atik kalkulator...dan jrenggg....harga yg ditawarkan lumayan. Selisih 250ribu lah. Ok gw ambil. Tapiiii.....sambil buka kotak, nyoba barang, n bikin bon.....si penjual bilang barang yg gw beli ga ok....trus dia ambilin barang lain merek lain n berbusa2 cerita kehebatan itu kamera. But krn gw dah bermodal ilmu (cerita2 dr web ini) dan iman agar tak tergoda, ya gw nyantai aja. Lagian emang gw udah browsing n liat hasil foto dr produk yg gw beli, Jadi ya mantep banget. Tetep dirayunya gw, tapi ngeliat gw mantep tep, yah penjual ga bisa ngomong apa2 lagi. Nah begitu bonnya dateng, gw disuruh tandatangan, baru deh gw melongo......lah ini toko FOCUS???? Jadi gw beli kamera di toko yg diomongin di web yg td pagi gw baca?????? Masa sih ITC gede banget, bisa2nya gw langsung nemplok ke toko pertama n lsg deal di FOCUS. Padahal biasanya kl beli barang gw puter2 dulu. Yah sudahlah....overall semuanya bae2 aja. Penjualnya nyadar banget gw ngerti barang yg mau dibeli. Dia sendiri bilang gw pasti ngerti harga n barang inceran. Jadi dia nggak berani macem2. Dan dari awal buka harga udah harga bagus, yah....supaya gw ga lari ke toko lain. Jadi..........saran gw jadilah pembeli yg seperti saran2 di atas....gw jg belajar dr situ kok. Jangan suka salahkan orang lain/toko. Kalau kita bisa bertindak sbg pembeli yg bijak, maka penjual ga akan macem2. Yg parah kalo kita ga ngerti apa2, tau2 dateng n tanya :"mas saya mau beli kamera tapi ga tau mesti yg mana, budget saya 2 juta"....hahaha bisa abis tuh.....mengenai harga mahal, ga bisa dikategorikan penipuan. setiap toko berhak nentuin harga sendiri2. kalo pembeli penjual udah deal n sama2 ridho, maka halal. salahnya pembeli kl ga cek lebih dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan, tapi curhat buat ngeluarin uneg2 abis jadi korban toko nakal boleh lah yaa... biar plong juga hati ini. Semoga semua yg udah komen di halaman ini dan merasa dirugikan rezeki si penjual jadi nggak berkah dan bisa mendatangkan malapetaka bagi si penjual dan seluruh keluarganya :)

      Be a smart buyer, be a honest seller
      *ting*

      Hapus
  32. saran & sharing...
    sebelum memutuskan beli apa saja :
    1. cek dulu harga di internet minimal 5 toko.
    ( harga internet lebih mahal dikit/di atas rata rata.
    2. survey lokasi ,, turun langsung ke toko ( di luar yang kita cari lewat internet ).
    minimal 3- 5 toko biar afdhol dan sreg.
    3. pada saat pilih product kita akan diarahkan penjual ke product lain, caranya :
    a. kalau memang tertarik dengan produk itu / diluar yang kita incar sebelumnya = keluar dulu brosing dulu ( jgn gegabah).
    b. cek ke toko lain harga tersebut min 3 toko.
    3. cek product dapat apa aja , manual book, cash or dll.
    4. pastikan transaksi dengan aman.
    5. cek barang belanjaan sebelum keluar toko.

    di satu sisi maaf saja penjual misal modal atau harga beli 100.000,- di jual Rp 1.000.000,- tidak salah dan tidak ada hukum nya
    ( yang beli mau tidak atau yang jual mau laku atau tidak ).

    kecualui kalau barang bekas / second harus di kasih fisiknya atau cacat atau rusak jika ada.

    kadang - kadang kita berangkat dari rumah setelah berada di toko akan bebeda suasananya, gugup , bingung, mikir yang laennya.
    T E NA NG relaxs...

    salam laper...

    BalasHapus
  33. persaingan usaha kami di cerita jelek
    DISTRIBUTOR CANON INDONESIA CAMERA CENTER
    http://camera-centerstore.blogspot.com/
    Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
    CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
    CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
    CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
    CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
    CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
    CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
    CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
    CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
    CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
    CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
    CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
    CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
    CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
    CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
    CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
    CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
    Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
    TOKO CAMERA CENTER melayani pengiriman seluruh Indonesia.
    Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
    TLP.021-4067-5777
    HP.0852 – 9399 - 9216
    PIN BB:24D491BE Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
    Alamat: Glodok plaza shopping senter lt 2 dasar no 70-71 jakarta
    Promo discond terbatas
    http://camera-centerstore.blogspot.com/
    DISTRIBUTOR TERPERCAYA.

    BalasHapus
  34. Beberapa toko yg wajib dijadikan referensi krn memang toko resmi dan terpercaya dizntaranya adalah....

    JPC-KEMANG

    WWW.TOKOCAMZONE.COM (KEMANG, ITC FATMAWATI, , BEC &JL.BANDA

    ANEKA PHOTO (PASAR BARU)

    OKTAGON (KEMANG)

    they are trully trusted retailer (Y)

    BalasHapus
  35. dalam Islam menjual barang diatas harga normal untuk mendapatkan keuntungan tidak salah, selama barang yang dijual bukan barang kebutuhan sehari-hari utama seperti beras (primer= sandang, pangan, papan) dan barang-barang lainnya yang sifat pemakaiannya sejenis.

    barang-barang yang bersifat pelengkap atau bersifat mewah yang kalau tanpa keberadaan benda tersebut-pun manusia tetap dapat hidup diperbolehkan mengambil keuntungan diatas harga pasar atau harga yang diatur atau ditentukan pemerintah selama terjadi ijab qabul tanpa ada unsur kecurangan sedikitpun didalamnya.

    dalam tulisan ini yang salah adalah teknik menjual barangnya. seringnya penjual menggunakan cara yang bisa dikategorikan menipu atau muslihat dengan berkata bahwa barang yang ditawarkan lebih baik dari yang dipilih konsumen. dengan niat mengambil keuntungan, pedagang yang jadi topik di tulisan ini sudah melakukan kecurangan dan atau muslihat dan atau penipuan dengan modus mengatakan bahwa barang yang disarankan pedagang lebih baik secara kulitas dari pada barang yang dipilih konsumen lalu pedagang menawarkan barang lain dengan harga tertentu lalu memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari hasil perbuatannya tersebut.

    berhati-hati dan bersabar sebelum membeli, kenali barang yang ingin dibeli, pelajari kekurangan dan kelebihan barang yang ingin dibeli, pelajari harga tertinggi dan terendah dari barang yang ingin dibeli, pelajari penjualnya.

    saran:
    toko-toko seperti tokocamzone, oktagon, bhinneka.com, camera.co.id, jpckemang.com, jeffnco.com, bursakameraprofesioal.net, dan focusnusantara.com adalah toko-toko kamera offline yang memiliki toko online yang harganya sering dapat dijadikan acuan yang objektif karena camzone, bursa kameraprofesional, focusnusantara, dan jpc sudah lama merintis bisnisnya.

    ajukan harga ke toko-toko diluar yang saya ajukan diatas kepada toko-toko gajelas (istilah saya sendiri), seperti toko-toko kamera FOCUS dan ZOOM yang ada ditulisan admin ini atau minta mereka buka salah satu atau beberapa situs toko-toko yang saya sarankan ditempat anda akan membeli peralatan fotografi anda lalu pelajari reaksi atau respon penjualnya, kalau pihak toko gajelas itu berusaha men-cacat harga atau kualitas barang dari toko-toko yang saya sarankan lalu menawarkan merk lain diluar keinginan anda dengan barang lain yang lebih murah atau barang lain yang katanya lebih bagus dengan harga yang lebih mahal dan anda tidak memahami tentang produk yang sedang mereka tawarkan maka itu adalah tanda bagi anda untuk sebaiknya keluar dari toko tersebut dan urungkan niat membeli saat itu lalu cari waktu lain untuk bisa datan ke toko-toko offline yang saya usulkan.

    BalasHapus
  36. Just for info all..kalo mau beli kamera dan aksesoris yang terjamin bagus harga miring dan gak pake tipu2 di JPC Kemang itu tempat udh terkenal juga dan ramenya bukan maen..pelayanan ramah dan teliti, segala apapun ada dan gak tipu2..

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. knp gk di nego.?
      trus knp tiba-tiba diel.?
      knp tdk di fikir2 dlu.?
      apa si penjual itu memaksa harus membeli barang itu.?
      kalau memang anda waktu itu sudah ngrasa cocok dg kapasitas dan kwalitas brang dg harganya, itu namanya bkan penipuan mas empal gentong..

      Hapus
  38. jangan pernah percaya sama toko PLANET KAMERA DI ITC CEMPAKA MAS !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emng ada pengalaman mas? Soalnya saya ditawarin membeli barang yg dia tawarkan

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. jangan pernah belanja di pro digital manggga 2 lt 2 no 9A, dngan nomer telpon 6128863, gue bli camera canon eos kiss x50 aka 1100d, dia bilang canon eos kiss x50 itu keluaran terbaru bulan kemren ternyata itu nama lain dari 1100d, dia ngaish harga ke gue 7,2jt, sebelumnya gue mau bli canon 60d tapi dia bilang ke gue malahlebih bagus kiss x50, terus tadi pagi gue telfon tgue mau ganti camera dari camera kiss x50 aka 1100d malah katanya kalau mau turun 50% dan camera 60d harganya gak segitu lagi,zzzzzzzz

    BalasHapus
  41. Ada saran bagus dari istri. Kalau mau beli barang, lakukan 2 hal, 1) "Investigasi" dulu minimal 5 toko baru tentukan harga mana yang dianggap paling murah dan layak. 2) Beli barang yang kita mau, jangan yang ditawarkan (padahal kita tidak tahu banyak barang itu).
    Kalau cuma satu toko dan mau aja ditawarin barang lain, itu tanda kita sudah tertipu atau diperas tidak terasa.
    Sayangnya saran ini saya dapat setelah saya tertipu beli lensa di Ambassador Mall. hehehe...
    Peace

    BalasHapus
  42. maaf-maaf kate ni,.
    sbnernya kalian smua yg ngrasa ketipu harga beli barang di dalam mall itu gk goblok, cuma TOLOLL..
    uda tau itu mall, pasti harga berbeda lah, kalau di bandingkan dg tokoh yg resmi..
    dalam hukum pedagang, penjual tdk ada yg nglarang untuk membandrol barang dg harga brapapun, bgitu jg pembeli tdk ada yg nglarang untuk nego barang itu..
    kalau anda ngrasa barang itu kemahalan anda beli, itu bkan salah penjual, slah anda sndiri goblok memilih tempat..
    sdah tau itu mall,
    ibaratnya gini, anda pasti tau RAMAYANA / MATAHARI, knp harga baju di mahal di bandingkan dg yg di luar.? pdahal bahan,motif,kualitas, bahkan 1.pabrik,.
    coba aja kalian bilang bahwa itu penipuan, pasti orang lain ngira kalian ini kalau gk GILA ya GOBLOK..
    oh ya 1 saran buat kalian yg ngrasa kena tipu harga, mending kalian kalau beli barang jngan di mall, di pasar aja,. kalau di pasar lbih murah krn sewa tempat lbih murah di bandingkan di mall..
    "WARNING"
    jangan se enaknya anda mengatakan bahwa toko itu penipu tanpa ada bukti yg jelas,
    krn anda bisa jd di tuntut balik atas dasar pencemaran nama baik perusahaan.
    "bisa di bilang penipu kalau anda membeli brang, uang sudah di ksih tp barang tdk di terima"
    kalau anda sudah menerima barang brarti namanya itu bertransaksi, brapapun harga barang itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengexploitasi ketidaktahuan atau kebodohan orang lain untuk mengeruk untung sebanyak2nya itu salah ga? Masalahnya penjual tidak membuka informasi secara jujur dan malah berusaha mengaburkan. Klo pembeli tau harga yang ditawarkan overpriced pasti ga akan dibeli jadi jangan bilang pembeli GOBLOK pembeli ditipu oleh penjual yg menutupi harga pasaran barang.

      Komentator yg satu ini cara pikirnya udh salah dr lahir. Jd di otaknya berdagang = membodohi konsumen = merampok duit konsumen.

      Saran buat komentator yg satu ini: banyak2 baca buku etika spy tau mana yg dibilang transaksi adil dan seimbang dan mana yg curang.

      oh y satu lg Klo komen tolong otakny diambil dulu dr lenari es.

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. keliatan bgt nih baru aja ngomongin PENIPU eeeehhh ini udh ada penipu nya kwkwk

    BalasHapus
  45. Maaf ya saya numpang nipu sebentar
    Jual LENSA CANON Bergaransi
    Daftar harga Promo Lensa Canon datascrip dan datadiri CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.10.150.000,-
    CANON EF 100mm f/2 USM Rp.11.900.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.22.350.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.33.700.000,-
    CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.41.900.000,-
    CANON EF 135mm f/2L USM Rp.35.750.000,-
    CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.69.500.000,-
    CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.47.100.000,-
    CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.66.800.000,-
    CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.35.300.000,-
    CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.46.200.000,-
    CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.33.300.000,-
    CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.28.050.000,-
    CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.44.900.000,-
    CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.63.100.000,-
    CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.27.400.000,-
    CANON EF 24mm f/2.8 Rp.61.550.000,-
    CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.62.050.000,-
    CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.141.200.000,-
    CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.24.050.000,-
    CANON EF 35mm f/2 Rp.12.250.000,-
    CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.52.150.000,-
    CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.64.800.000,-
    CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.61.600.000,-
    CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.91.400.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.97.700.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.85.550.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.55.300.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.34.250.000,-
    Bagi yang serius order sebelum kehabisan!!
    TOKO PLINPLAN CANONESIA melayani pengiriman seluruh penjuru Indonesia.
    Melalui kantor TIKI/JNE
    CARA Pesan online
    TLP.021-469572302
    HP.0853475629441
    PIN BB:2u7362jd Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
    Beli 5 lensa bonus 12 lensa sekaligus!!! + mbak2 karyawan saya!

    BalasHapus
  46. Diskusi yang menarik. Aq jadi kepengen berkomentar juga:

    SOAL PENJUAL TIONGHOA
    **************************************
    Lucu sih anggapan dari sebagian komentator bahwa penjual Tionghoa lbh suka naikin harga pada pembeli pribumi agar bisa untung secara sadis. Yang dirasakan kaum Tionghoa malah terbalik!

    Kaum Tionghoa kalo belanja dengan penjual pribumi justru sering "dipalak" karena dianggap kaya. Harga untuk pembeli Tionghoa PASTI naik, mulai dari kecil2an 1000 rupiah untuk makanan pinggir jalan hingga RATUSAN RIBU saat mengambil paket di bea cukai. Kalo ada masalah birokrasi, kaum Tionghoa juga dipersulit habis2an agar bisa diperas uangnya meski si Tionghoa belum tentu sekaya Bill Gates.



    SOAL HARGA
    *******************
    Sebagai penjual barang (meski bukan kamera), saya sangat merasakannya... Harga standard bukan patokan baku. Tergantung barang itu ambil dari mana. Misalnya, toko A jual barang dengan harga 300ribu. Tapi toko B jual barang yg sama hampir 600 ribu. Apakah toko B untung gila2an? Bisa saja, TIDAK.

    Kalo toko B melakukan impor sendiri , biayanya bisa saja bengkak dikarenakan:
    1. Dia belanja skala kecil - gak dpt diskon
    2. Suppliernya berbeda, harga asal lbh mahal
    3. Ongkirnya mahal
    4. Bea cukai dan pajak "tercinta"

    Gak percaya? Coba deh impor barang sendiri.... Rasakan sendiri biaya yg harus dikeluarkan untuk ini-itu. Bisa jadi total uang yg dikeluarkan 2x lbh mahal dibanding harga barangnya!

    BalasHapus
  47. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan Memberkatimu.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com


    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  48. ada yg perna beli di pt canon datacrip di jakarta kemayoran ?

    BalasHapus
  49. saya juga pernah ketipu sama pedagang china yg menurut saya jualan sambil nipu, karena saya sering belanja pc dan laptop di harco mangga dua jadi waktu ada keinginan beli kamera buat iseng foto2 sekalian aja di harco juga walau gak selengkap di mall mangga 2.... tujuan saya mau beli kamera merk sony dan sebelumnya saya juga udah googling utk merk sony yg saya inginkan buat perbandingan harga tapii sama si engkoh malah di tawarin merk fuji film dgn alasan kamera sony itu beginilah begitulah pokonya di sebutin negatifnya, karena saya masih awam banget masalah kamera jadi saya turutin aja kata si china itu dan saya langsung beli kamera+memory+tas kamera semua dgn harga terpisah, setelah di rumah saya cek di internet ternyata saya beli kemahalan banget, saya bandingkan di lazada aja beda sekitar 40% lebih murah di lazada udah dapat memory 8gb lagi, karena saking kesal sama si pedagang cina itu kameranya smpe sekarang gak mau pake sekarang saya beli dslr sony alhamdulillah gak ketipu.. kalau lagi lewat tokonya kalau gak inget dosa pengen gua kemplang tuh si china modus

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. ItC cempaka mas blok a lantai 4 xmorz hati2 kalau mau beli disitu .... Pokoknya hati2 guah udah rugi 1'5 jt...

    BalasHapus
  52. ItC cempaka mas blok a lantai 4 xmorz hati2 kalau mau beli disitu .... Pokoknya hati2 guah udah rugi 1'5 jt...

    BalasHapus
  53. Jangan beli di itc cempaka mas Xmorz digital blok a lantai 4... Kaya anjing penjualnya.

    BalasHapus
  54. Jangan beli di itc cempaka mas Xmorz digital blok a lantai 4... Kaya anjing penjualnya.

    BalasHapus
  55. jam tangan unik masuk kategori aksesoris keren nggak gan? :D

    BalasHapus
  56. hati" juga digital wide mega mall bekasi,ane rugi 350 ribu,alhamdulillah cuma segitu,tapi buat yang laen kudu ati"

    BalasHapus
  57. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  58. sama pernah ketemu beginian di Semarang, iseng tanya kamera, pas aku cari harga di internet, semua sama 1,5 jt an, nah di salah satu toko di Mal matahari ini, sipenjual bilang 2,8 juta... jiaaaaah gila, aku bilang dalam hati.. haha gila nih yang jual.. langsung pergi dah bodo amat

    BalasHapus
  59. Sedikit cerita juga ane beli kamera di salah satu konter kamera deket Texas chicken mall Jambu dua bogor ane niat beli Canon 600 D tapi pulang pulang malah dapet Canon kiss X50 alias Canon 1100D ga sadar liat bon belajaan sampe 11 Jt dan ini fix rugi di atas 3jt -_- hati hati gays

    BalasHapus
    Balasan
    1. dahulukan kebutuhan dari keinginan,jangan mudah terpengaruh dengan pedagang yang seolah lebih tau.

      Hapus
  60. Aduh... jd bngung. Aku pngen beli kamera sony nih. Tp kok pd bnyk yg ketipu ya. Aku hrs bli dmn ya toko yg bgus n terpercaya ga nipu sdkitpun

    BalasHapus
  61. Aduh... jd bngung. Aku pngen beli kamera sony nih. Tp kok pd bnyk yg ketipu ya. Aku hrs bli dmn ya toko yg bgus n terpercaya ga nipu sdkitpun

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah lebih baik bisa face to face dengan pedagang. tidak masalah dengan harga yang ditawarkan pedangang, asalkan mengatahui harga pasaran barang tersebut.

      Hapus
  62. BERHATI-HATI SEBELUM MEMBELI.
    GOOGLING DULU SEBELUM MEMBELI, LEBIH DARI 50% TOKO DI MALL SEPERTI ITU.

    BalasHapus
  63. Pengalaman gue, dalam beli di toko-toko mall (sebenernya gak beli, cuma nanya-nanya). mereka menaikan harga normal bisa lebih dari 50% dari harga standar, sungguh ironis memang. Mengapa mereka menaikan harga sampai drastis seperti itu ? itu karena cara berbisnis mereka. Mereka tau "Calon pelanggan yang baik pasti akan menawar harga barang dengan seminim minimnya" maka dari itu saat harga dapat ditawar mereka tetap meraup keuntungan yang cukup besar walaupun dengan penawaran konsumen yang begitu sadis, apalagi sampai konsumen tidak menawar barang sama sekali mereka bisa untung berlipat-lipat.

    Para penjual seperti ini biasanya :
    - Ramah terhadap pengunjung, mereka rela kesana kemari mencari barang (Terlihat sibut) sehingga saat barang sudah dilihat oleh pembeli, pembeli merasa tak enak hati karena apabila tidak jadi beli. (satu hal yang sering terjadi).

    Mereka mengeluarkan berbagai produk sejenis, kemudian membandingkan dengan keunggulannya, ini bertujuan agar pembeli semakin tertarik dengan produk yang ia tawarkan. KONSISTEN DALAM MEMILIH itu jalan terbaik.

    Pastikan harga tidak melebihi budget yang sudah ditentukan, karena sering sekali pembeli rela mengeluarkan uang lebih untuk produk yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. BELI LAH SESUAI KEBUTUHAN bukan sebagai TUNTUTAN.

    Semoga bermanfaat buat sobat-sobat.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Alangkah baiknya lain kali sebelum membeli ,cari tahu bebet bobotnya. Dahulukan kebutuhan dari pada keinginan.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Bisa kredit hp dan kamera ALL TYPE hanya di Mall metropolis cikokol-tangerang lantai dasar,proses persetujuan hanya 30menit,sayarat mudah,tanpa jaminan apapun,tanpa kartu kredit,buktikan sekarang juga,klo d acc cukup bayar dp nya saja,angsuran pertama di bulan depan,Tidak ada TIPU",CEK HARGA SEBELUM MEMBELI,MINAT HUB: M.NUR 0859 4536 1986 KHUSUS JABODETABEK

    Yang saya kredit barang asli NO TIPU"......!!!!!

    BalasHapus
  68. browsing dulu harga nya sebelum membeli karena memang kamera / aksesorisnya itu untung bisa 50% bahkan 100%. dulu saya pembukuan di toko kamera dan memang begitulah sistim kerjanya .. be a smart buyer. sales itu mulutnya manis . lol

    BalasHapus
  69. Kalo gw lebih suka beli di glodok... di sana lebih lengkap n retail na emang di kawasan glodok. Bisa 100-500ribu lebih murah bo.. bayangin ajah kalo beli 2 ajah apalagi borong..bisa rugi berapa..
    Glodok kan ada banyak, ada LTC, Harco glodok, Glodok Plaza...kalo sepengalaman gw sih yg kasih harga paling murah dari awal itu di glodok plaza,..kata2nya sih karna glodok plaza rata2 pemiliknya udah pada sistem beli kios, secara itu juga glodok udah lama jd mungkin karna udah pada balik modal jd gak ngejar sewa kios lagi makanya bs lebih murah di banding glodok LTC n Harco

    BalasHapus
  70. Kalo gw lebih suka beli di glodok... di sana lebih lengkap n retail na emang di kawasan glodok. Bisa 100-500ribu lebih murah bo.. bayangin ajah kalo beli 2 ajah apalagi borong..bisa rugi berapa..
    Glodok kan ada banyak, ada LTC, Harco glodok, Glodok Plaza...kalo sepengalaman gw sih yg kasih harga paling murah dari awal itu di glodok plaza,..kata2nya sih karna glodok plaza rata2 pemiliknya udah pada sistem beli kios, secara itu juga glodok udah lama jd mungkin karna udah pada balik modal jd gak ngejar sewa kios lagi makanya bs lebih murah di banding glodok LTC n Harco

    BalasHapus
  71. Dimana pembeli ga tau harga, disitu juga pedagang bisa main harga. sebelum membeli harusnya sudah tau harga pasaran sebelumnya.

    BalasHapus
  72. Dimana pembeli ga tau harga, disitu juga pedagang bisa main harga. sebelum membeli harusnya sudah tau harga pasaran sebelumnya.

    BalasHapus
  73. • Jadi setelah gue melakukan riset di toko kamera langsung atau di Internet ternyata masih ada oknum oknum yang memanfaatkan ke-newbie-an kita untuk meraup untuk dari pembelinya.
    • Gatanggung-tanggung, lo bahkan bisa ditipu lebih dari 50% dari harga asli pasarannya.
    • Biasanya modusnya begini
    o Lo cari kamera atau acccesoris kamera ke salash satu dealer
    o Nah biasanya sebelum lo berangkat pasti lo udah survey dulu harga dari kamera inceran lo atau seengaknya tau merk apa yang lo ingingkan
    o Disinilah akal bulus mulai bermain, ketika lo menanyakan kamera yang lo incer biasanya mungkin mereka punya stoknya dan mereka tunjukin kameranya ke elo.
    o Tapi hati-hati, mereka biasanya akan menyarankan elo kamera lain YANG BELOM PERNAH LO DENGER SAMA SEKALI, atau bahkan belom elo riset harganya berapa.
    o Karena ketidaktahuan lo akan info barang itu dan memakan semua rayuan-rayuan bohong dia
     “ini lebih bagus”
     “kurang cocok yang sebelumnya buat bapak”
     “ini lebih murah pak”
    o Nah biasanya kalo kalian terjebak dalam situasi ini dan membeli barangnya, kalian bisa check harga pasarannya di Internet berapa
    o Tadaaaa, mungkin kalian akan kesel kalo kamera yang kalian beli ternyata bisa dimahalin sampe 1-2juta
    • Tips gue
    o Cek bener-bener spesifikasi dari kamera yang lo pengen dan HARGA PASAARAN dari kamera itu. Bukan hanya spek dalem kamera tapi juga APA YANG DIKASIH DIDALEM BOX KAMERANYA.
     Nah biasanya mereka suka ambil bagian asli dari package kamera kaya tas, tutup lenasa, memory card asli dari merk dang anti sama yang palsu.
    o Persiapin juga riset tentang kamera yang sekelas sama yang lo cari dari merk lain untuk jaga jaga siapa tau ini toko mau belokin niat lo, jadi lo seengaknya gab ego-bego amet.
    o Ato kalo mau lebih teliti lagi, pas lo lagi di tokonya kalo bisa sekalian browsing-browsing juga tentang kamera yang mereka omongin. Kadang karyawan mereka juga sotoy-soty tuh tentang kamera. Ini lebih bahaya dibadingkan karyawan yang “tidak tahu”. Seringkali gue liat karyawan yang sotoy asal sebut aja tentang kamera ke customer. (kayak ditanya sensor, focal lengeth, aperture aja masa’ salah)
    o Beli aja kameranya di dealer resmi kameranya (misalkan beli Sony, yang beli aja di toko khusus sony nya langsung)

    BalasHapus
  74. Saya mau beli kamera, kira kira toko yg bisa dipercaya & komplit dimana ya kalo di daerah jakarta?

    BalasHapus
  75. sebelum membeli produk alangkah bijaknya mencari info berapa harga di pasaran sekarang banyak online shop selain itu yang tidak kalah penting adalah review dari pembeli sehingga kita tahu kwalitas produk dan kwalitas layanannya

    BalasHapus
  76. ambasador juga sama saya ketipu smp 3juta

    BalasHapus
  77. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  78. gue juga mau berbagi pngalama nih
    beli hp Xiaomi di BEC Bnadung, nama tokonya The best cellular , hati2 jangan sampe beli hp di toko ini gan , gua rugi 400k, anjing banget dah ini toko, ane kan beli xiaomi redmi 3 bulan mei 2016, pas sampe tkp ane ngomong bla bal dan semua dapet 2.4 juta sama aksesoris yang lain.... pas ane cek di rumah ini harga hp 1.8juta waktu ane beli , emang harganya 1.8 juta untuk ROM CHINA, dan ane ditawari ROM Global, padahal pas ane nyampe di rumah elom ada rom versi global untuk redmi ini, dan gilanya ini rom distributor gan, haadeuh rom oprekan , ane tekor dah 400k, anjing banget dah moga bangkrut ajah ini toko

    BalasHapus
  79. Wah,,,q juga pernah kak,,,kyk gt,,,pasaran 1200d canon 4,5jt di jual 7,2 gila tu penjual,,,jangan sekali2 beli cam di mol,,,kurang ajar z jual,,.

    BalasHapus
  80. Misi gan sis. Mau tanya toko kamera yang rekomendesi di mangga dua apaan ya?. Saya lihat di toko online D7000 5,2 juta baru asli gak ya gan sis?. Mendingan beli di mangga dua apa online?

    BalasHapus
  81. Misi gan sis. Mau tanya toko kamera yang rekomendesi di mangga dua apaan ya?. Saya lihat di toko online D7000 5,2 juta baru asli gak ya gan sis?. Mendingan beli di mangga dua apa online?

    BalasHapus
  82. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  83. waaaah.. ternyata gak sedikit dari kita kadang awam banget tentang barang barang elektronik. terutama kamera dan handphone. entah bagaimana bisa yaaaa toko sebagai penjual itu membuat definisi sendiri tentang barang yang mereka jual. padahal kita pasti sebelum datang dan membeli sudah mencari tahu sebelum nya barang tersebut yang akan dibeli. tapi setelah tiba di toko toko tersebut kita dibuat bimbang alias bingung dengan fakta yang sebenarnya. heraaaaaaaan...


    saat ini saya punya usaha sewa kamera dengan nama glory lampung otomatis selalu melakukan pembelian untuk menambah jumlah barang. tapi kadang kadang hal hal aneh selalu terjadi, barang kosong lah harga mahal lah padahal gak sesuai dengan apa yang ada.

    selain sewa kamera sya juga punya bisnis arisan handphone. dan ini yang lebih paraaaah.. selalu ada komplain dari anggota arisan saya tentang hape yang mereka dapat.


    apa mungkin iphone 7+ seharga 14jt sudah ada di lampung??? sedangkan di ibox toko resmi saja belum ada

    BalasHapus
  84. Buat yang mencari tempat sewa kamera bisa kunjingi : https://sewakameralpg.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  85. izin kasih masukan, saya hobi fotografi dari 2009, untuk urusan kamera saya hanya mau ke dua toko yaitu : focus nusantara atau JPC kemang. Enaknya dua toko tersebut harga bisa langsung dilihat di web masing masing dan ketika kita samper ke tokonta, harga yang ditawarkan adalah harga yang tertera di website mereka. harga yang tertera di website pun sudah harga pasarannya. kadang lebih mahal sedikit tapi masih dalam batas wajar menurut saya. Pemilik toko toko ini juga saya tau reputasinya di bidang fotografi.
    Jadi saran saya lebih baik ke toko yang sudah jelas kredibilitasnya.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jgn2..yg punya nya ini..brng mahal GT ditawarin..mending. Dibukalapak SM shopee lah mrah

      Hapus
  86. Gan di toko Focus ITC Depok ane kena tanggal 30 beli bpro 5 AE Mark 2 , temen ane beli cuman 1.1 awalnya ane mau beli xiaomi yi 4k terus dia (yang ngelayanin cowo gemuk , pendek , chines*maap bukan rasis tp emang cowonya gemuk ada 2 yg satu lg sawo mateng gitu.*) nah dia nanya "baru pertama kali beli action cam?" ane jawab "iya mau nyoba nih" nah dia nanya dan pikin ane curiga "udah pernah megang kamera apa?" , ane boongin aja bilang kalo ga pernah cmn abang ane pake sony a5100 kalo kamera kalo action cam xiaomi yi nah padahal ane meganh sony a5100 dan ane tau yi dari temen ane yg make (ane boong karna curiga) , setibalah dia jelek"in abang ane "wah abangnya gadungan tau xiaomi doang nih" , ane keselkan ane diemin aja, sampe akhirnya dia bilang kalo xiaomi yi4k ga dapet travel pack kaya yi nah digoogle ane baca kalo ga salah 2.444 udh dpt di itc kuningan kalo kg salah, nah kaget dan makin curiga ane apalagi pas dia ngasih harga paket kalo mau dpt travel pack (bkn travel pack sih maksudnya udh lengkap lah.) nah dr situ dia ngasih liat ane isaw , dia bilang ini baguslah apalah cmn ane kurang percaya , nah pas bpro ane liat temen ane make kan yaudah ane beraniin dengan begonya . setelah deal anehnya dia suruh ane tanda tangan lah bon gitu cuman bonnya kg dikasih ke ane ya ane pikir tradisi disana ternyata amsyong . , di Focus ini ane ketipu 2x lipet 2.3 . setelah ane email ITC Depok adminnya acuh tak acuh . Mulai sekarang saran ane kalo niat dari rumah mau beki barang A dan ente udah tau harganya berapa dr google kalo ditawarin dan emang speknya bagus mending sambil browsing ga . Sumpah hindarin dah yah warga depok dan yg laen jg . Ane punya sociopath tiap 2 minggu sekali ke cipto gegara ini ane susah beli obat dan gegara ini ane cukup makasi . Belom pernah ketipu apa mereka kadang ane kesel. Cuman mungkin ane relain aja. Btw gua tinggal di asrama alber yonzi14 dan kata tetangga ane mending laporin aja ke polisi soalnya ane udh nelfon toko Focus itc depok tp ga ada jawaban, nah dari kasus tahun 2008(klo ga salah) dia aja udh ga peduli gmna sekarang , sekarang ane butuh saran . dan btw mungkin keluarga si penjual yg ngatain ane gadungan tolong ya bilangin ke koko nya "saya gadungan tp saya bukan tukang tipu harga." dan mungkin lu mau damai dengan cara kembaliin uang ttipuannya dan orang" yg lu tipu . mungkin buatlu segitu kecil krn lu dptinnya ga usag susah susah sebulan kerja buat dpt gaji lu tinggal nipu dan dapet .

    Btw ane butuh saran apa ane bawa ke pengadilan aja kasus ini? Karna ane mau memberi efek jera , tolong email ane ke Hywidiws@gmail.com kali aja ada yg ketipu ditoko yg sama biar kita sama sama laporin . btw thanks ya min , postnya bikin ane makin jaga jaga :)

    BalasHapus
  87. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  88. Halo,
    Saya adalah Mrs. margaret pedro, pemberi pinjaman swasta dan CEO perusahaan pinjaman Margaret pedro, di mana kami menawarkan pinjaman kepada semua individu di seluruh benua asia, eropa dan sekitarnya, kami memberikan semua jenis pinjaman, seperti pinjaman usaha, pinjaman sekolah , Pinjaman perumahan, pinjaman investasi, pinjaman untuk membeli mobil dan membangun rumah, pinjaman untuk industri yang sedang berjalan, dll. Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, hubungi kami hari ini untuk mengetahui kesulitan keuangan Anda dan kami akan memberikan solusi permanen untuk masalah keuangan Anda dan membantu kehidupan finansial Anda stabil lagi. Hubungi kami melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    3) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:
    Ibu, CEO Margaret.
    Email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  89. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  90. Baru Pinjaman Penawaran !
    Ini adalah kesempatan baru lagi, apakah Anda secara finansial turun? Apakah bisnis Anda menangis demi kebangunan rohani, apakah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? Tidak mencari lagi, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk memungkinkan mereka membangun bisnis mereka sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com dan isi formulir di bawah ini.

    DATA BORROWER
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis Kelamin: ..................
    5) Status Perkawinan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... 7) Nomor Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) bulanan ...... ...................
    10) Durasi Pinjaman: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
    13) Tanggal lahir: ........................

    Mohon melamar perusahaan yang sah, kesuksesan anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus
  91. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  92. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  93. Setelah baca semua keluhan tentang penipuan di toko ZOOM Mangga Dua Mall, jadi teringat wkt beli camera Nikon CoolPix L810 tgl 22 Des 2012. Gak tanggung2 di pukulnya harga Rp4.500.000 + Memory Vgen 4GB + Tas LowePro advntr + Charger Sanyo. Setelah sampai di rumah, saya coba survey di internet cuma berkisar Rp1.500.000 - 1.800.000. Wow fantastis!
    Saran saya: hati2 dalam membeli barang, wajib survey dahulu sblm membeli.
    Cukup sdh korban penipuan!

    BalasHapus
  94. Halo semuanya
    Nama saya Oche Wirmayaty,, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Glory, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 600 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Glory bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Ibu Glory melalui email:(gloryloanfirm@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya di saya email:(aisyahyu7@gmail.com)
    Sekarang,
    Yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan. Semoga ALLAH terus memberkati perusahaan untuk kesempatan ini yang diberikan.

    BalasHapus
  95. Sudahkah Anda mendapat pinjaman dari bank
    Atau ada beberapa lembaga keuangan yang menolak permintaan Anda untuk satu atau lebih alasan ?.

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN DARI:
    - Pinjaman usaha,
    - Pinjaman modal,
    - Pinjaman real estat,
    - Pinjaman pribadi,
    - Pinjaman mahasiswa,
    - Pinjaman pertanian
    Dan lebih dalam berinvestasi dengan investor yang baik ... Kami menawarkan pinjaman
    untuk perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah sebesar 2%. Anda berada di sebelah kanan
    tempat untuk mendapatkan pinjaman Anda

    Hubungi kami hari ini dan dapatkan masalah keuangan Anda!

    Email: MARGERTPEDROLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    Dapatkan masalah keuangan Anda dipecahkan di sini ...

    BalasHapus
  96. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  97. Nama saya Ibu Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya merawat anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar uang sewa dan beberapa hutang tapi saya tidak mempunyai uang untuk membayar, tapi kakak saya bercerita tentang pinjaman pinjaman ini yang menawarinya pinjaman sebelum saya harus mengambil darinya bahwa dia orang yang baik, jadi saya mengajukan pinjaman sebesar 50000 dolar, jadi setelah proses pinjaman dipindahkan ke rekening saya dan Hari ini saya memiliki toko apakah saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya, Ibu Rika Anderson adalah pemberi pinjaman yang baik baik Ibu tentang dia menghubungi dia di email rikaandersonloancompany@gmail.com , Twitter rikadiananderso, Instagram rikaandersonloancompany, Viber: +12676524965untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana mendapatkan pinjaman. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya via amaliaamangkurat@gmail.com

    BalasHapus
  98. Halo,
    Nama saya adalah Ibu Nabilah Ashraff dari kota Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda. , Saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapat pinjaman,
    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman online yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Ibu Rika Anderson, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan Kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.
    Jadi saya menyarankan semua orang disini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Rika Anderson, via email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nabilahashraff@gmail.com
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  99. Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan yang maha kuasa dan kepada Ibu Rika Anderson karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000,00. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia. Saya telah berutang bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan nol sejarah kredit dan saya telah ke banyak keuangan di rumah untuk bantuan tapi semua menolak saya karena rasio hutang sejarah kredit saya yang tinggi dan rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di salah satu blog saya menghubungi konsultan kredit Rika Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal November 2017 dan berharap datang lagi, maka Saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah teratasi, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang memenuhi syarat, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk saya jadi saya harus memulai dengan dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini. Anda bisa menghubungi Ibu Rika Anderson melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) atau melalui Viber-nya: +12676524965. Anda juga bisa menghubungi saya untuk informasi via Email: ayuamangku@gmail.com

    BalasHapus
  100. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  101. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  102. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus
  103. Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  104. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana mendapatkan saya oleh pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditur pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan saya untuk apa yang disebut pemberi pinjaman yang disebut Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2%.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bisa berbagi kabar baik sehingga orang bisa mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  105. Selamat pagi,
    Mohon ma'af,-

    Perkenalkan kami dari PT.Agung Semesta Logistik,Bermaksud menawarkan kerjasama Handling Import ,adapun service kami adalah sebagai berikut :
    - Jasa Custom Clearance Import

    - Jasa Handling import borongan

    - Jasa Handling Import Door to Door

    - Jasa Pengurusan barang-barang yang tertahan di area pabean

    - Jasa Trucking Jawa,Sumatra dan Bali

    Kami juga melayani :

    - Undername Import

    - Pengajuan PI Besi Baja

    - Pengajuan Quota Import Mesin Bekas

    Demikian penawaran ini kami ajukan,atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terimakasih

    Jika ada kebutuhan silahkan menghubungi kami pada alamat dibawah ini,atau kunjungi web kami di : www.semestalogistik.com


    Best Regarts
    Hendri Saputra
    Mobile / WhatsApp : 0821 6755 0739
    ===================
    PT.Agung Semesta Logistik
    Gedung AKA Lt - 2 Jl.Bangka Raya No . 2 Jakarta Selatan 12720
    Telp : 6221 2271 7866 Fax : 6221 2271 7866
    hendrisaputraasl@gmail.com
    www.semestalogistik.com

    BalasHapus
  106. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  107. Ternyata saya jg harus ngalamin kerugian yg sma kyk kwn kwn lain, saya ke mall mangga dua niat beli kamera, kelililing mall saya memutuskan tuk prgi ke 1 toko POWERSHOT MALL MANGGA DUA LANTAI 2 NO 29,memang niat awal saya mau beli kamera Sony alpha 5000, saya sdh survey harga nya jd bgtu tny ke penjual memang hrga nya sama seperti apa yg sy survey tp memang modus penjual dy akan menawarkan kamera lain yg mereka tau klo kita blm survey hrga, bodohny saya sperti trhipnotis dgn omongan penipu ini, dy mnawarkan kamera canon m10 dgn harga 6,3, akhirnya dgn SOK BAIK dy korting hrga jd 6150, SOK BAIK blg dpt asesoris gorila, memory 16gg, memory 16 gg pun sy suruh tambah 50000, dan beli tas total 6,5,bgtu selesai beli syg lgsg plg ke kota tmpt tinggal saya, dan gilaaa trnyta hrga cuma kisaran 5,3!!! Bisa bisa nya nipu org smpe 1 jt lebih, parah nya lg batre cpt bgt lobet dan memory yg di klaim baru trnyta sudah penuh dgn foto selfie yg gk jelas!!!!!! Saya tlp toko itu krn sy tdk tgl di jkrta, jwbn prnh di jwb sama mb mb dgn judes krn sy komplain, kmudian dy ksh ke mas mas yg jual kamera itu ke sy,dgn nada emosi sy crita keluhan sy tp jwbn ny seolah tdk peduli dan jwb dgn alasan yg tdk masuk akal!!!! Gk ada solusi sama skali malah makin gk karuan, akhirnya sy coba iklas aja mskipun gk akan iklas krn udh di tipu mentah mentah!! Trnyta modus penjual nakal sama smua, smoga gk ada lg kwn kwn yg ketipu beli kamera di toko POWERSHOT MALL MANGGA DUA

    BalasHapus
  108. internet udah makin mudah kok masih banyak aja ya yg males browsing
    sblm ketipu make sure lah dgn cara cari harga produk yg mau dibeli itu ada di range brp dan juga speknya gimana kelebihan kekurangannya gimana aja, paling gampang liat harga ya cari di e commerce kaya toped, bukalapak, bhinneka kalo liat kelebihan kekurangan ya di yutub plz banyak bgt

    BalasHapus
  109. Gw beli lighting pas di cas ga bisa masuk

    BalasHapus
  110. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  111. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  112. Baru ketipu juga beli di Fortuna Kamera, toko kedua setelah pintu masuk. Sama banget triknya, pengen kamera XA5, terus dia bilang XA5 itu produk gagal bla bla,ngejelek2in XA5, ngetes kameranya bahkan sampe kayak blur gitu pas liat hasilnya, kayak kehipnotis hadi beli XA20. Pas udah transaksi, baru nyadar dan balik lagi mau tukar, katanya udah ga bisa. Jahat banget cari uang kok pake cara menipu. Semoga Allah yang balas dengan sebaik-baiknya balas. INGAT JANGAN BELI DI FORTUNA KAMERA ATAS NAMA BONG JOHN
    BONG JHON. BONG JOHN
    SEMOGA CEPAT KEMBALI KE JALAN YANG BENAR DALAM MENCARI REZEKI. BOLEH AMBIL UNTUBG TAPI JANGAN MENIPU LAH.

    BalasHapus
  113. Baru ketipu juga beli di Fortuna Kamera, toko kedua setelah pintu masuk. Sama banget triknya, pengen kamera XA5, terus dia bilang XA5 itu produk gagal bla bla,ngejelek2in XA5, ngetes kameranya bahkan sampe kayak blur gitu pas liat hasilnya, kayak kehipnotis hadi beli XA20. Pas udah transaksi, baru nyadar dan balik lagi mau tukar, katanya udah ga bisa. Jahat banget cari uang kok pake cara menipu. Semoga Allah yang balas dengan sebaik-baiknya balas. INGAT JANGAN BELI DI FORTUNA KAMERA ATAS NAMA BONG JOHN
    BONG JHON. BONG JOHN
    SEMOGA CEPAT KEMBALI KE JALAN YANG BENAR DALAM MENCARI REZEKI. BOLEH AMBIL UNTUBG TAPI JANGAN MENIPU LAH.

    FORTUNA KAMERA MANGGA DUA
    BONG JHON
    BONG JOHN
    BONG JOHN
    XA5
    XA20
    XA3
    FUJIFILM
    JANGAN SAMPAI TERTIPU!
    TRIK YANG DIA GUNAKAN SAMA KAYAK YANG AGAN DI ATAS CERITAIN
    FORTUNA CAMERA MANGGA DUA

    BalasHapus
  114. Bagi teman² semua yg sedang butuh ingin membeli barang, entah itu kamera/spare part pc/kartu memory, dll jgn dibikin prioritas apalagi menampakkan kita butuh banget, otomatis itu akan jadi sasaran empuk mereka. Jika merk dan spesifikasi yg dituju tdk ada, pulang rumah dan browsing lagi. Jangan terbujuk utk ganti merk inilah, masalah garansi lah, dll. Itu kecapnya penjual aja, yg penting barang kejual, duit masuk. Duit maduk, ngga bisa keluar/balik lagi ke kita. Dibawa nyantai aja, dan jgn malas bolak balik agar tdk ketipu. Alternatif lain ialah, ketika browsing, catat merk & spec, jgn browsing hanya 1 merk, banyak merk. Berdasarkan catatan tsb kita bisa pilih mana yg sesuai dgn kita. Jgn membeli sesuatu tanpa membawa catatan. Jika spec dan harga tdk sesuai dgn catatan, dgn tegas tolak aja. Kalo perlu di'ketusin' aja. Pembeli adalah raja. Lebih baik tdk jadi membeli & tdk mendapat barang yg diinginkan daripada nanti kita menyesal karena tertipu duit, dan tertipu barang. Jadi double tertipunya. Anyway, terima kasih utk teman² yg sudah sharing sehingga mencegah kita tertipu oleh para pedagang licik ini. Note : Semua pedagang sama licinnya, tdk membedakan ras/golongan/agama/latar belakang seseorg. Hanya kebetulan aja di glodok & M2 memang para pedagang disitu rata² org keturunan china. Tapi tdk mewakili semua etnis china spt itu. Setiap negara pasti ada org yg baik dan org yg jahat, tergantung moral org tsb. Semoga membantu.

    BalasHapus